Aksi Koin untuk Australia Meluas

JAKARTA – Perang aksi antara Indonesia dengan Australia terus terjadi. Setelah aksi doa massal oleh warga Australia untuk menolak eksekusi mati Andrew Chan dan Myuran Sukuraman, masyarakat Indonesia pun mulai bergeliat melakukan aksi pengumpulan koin. Aksi tersebut dilakukan sebagai respons Perdana Menteri Australia yang terus mengungkit dana bantuan saat musibah tsunami 2004 lalu.

Menyusul aksi yang dilakukan oleh Mahasiswa di Aceh, gerakan pengumpulan koin untuk Australia terus meluas. Selain #KoinUntukAustralia yang menjadi trending topic di Twitter, aksi tersebut juga dilakukan saat car free day di Bundaran HI, Jakarta. Aksi tersebut digagas oleh Koalisi Pro Indonesia dengan menggelar empat spanduk besar yang berisi gambar Tony Abbot.

’’Intinya ini adalah respon kami kepada pak Abbott yang terus menyebutkan dana bantuan tsunami. Ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia sudah tak mau lagi direndahkan oleh negara lain. Kalau memang terkumpul sampai setara dengan USD 1 miliar tentu kami bersyukur,’’ ungkap Koordinator Koalisi Pro Indonesia Andi Sinulingga.

Dia menegaskan, aksi tersebut bakal terus dilakukan hingga ada permintaan maaf dari Tony Abbott secara pribadi. Setelah aksi perdana tersebut, pihaknya mengaku berencana untuk mendirikan posko dan melanjutkan pengumpulan koin. Nanti, hasil dari pengumpulan tersebut bakal diberikan kepada pihak Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

’’Dari animo hari ini sangat bagus, koin yang kami terima di spanduk yang sudah kami jejer lumayan banyak. Memang, kami belum sempat hitung berapa yang kami dapat hari ini. Tapi, ini bukti kuat bahwa rakyat Indonesia juga tak memandang pernyataan Abbott adalah hal yang pantas,’’ terangnya.

Selama ini, lanjut dia, memang Australia sudah terbiasa dengan pemerintah SBY yang murah hati soal grasi. Terakhir, terpidana mati kasus narkoba asal Australia Schapelle Leigh Corby juga diberikan grasi pada 2012. Pada 2014, dia pun akhirnya bebas bersyarat hingga tahun 2017.

’’Soal politik balas budi itu apakah nggak cukup? Sudah banyak yang diberi grasi dari Australia. Yang terakhir Corby dan ada juga kemungkinan diplomasi tertutup soal ini. Tapi, apa etis sumbangan kemanusiaan ditukar dengan dua gembong narkoba? Apa Abbott lebih mementingkan nyawa dua orang ini daripada hubungan Australia-Indonesia. Namanya dua negara kan saling membutuhkan. Jadi, jangan ada yang merasa superior,’’ jelasnya.

Tinggalkan Balasan