Agar Suara Itu Tidak seperti Itu

 “Saya tidak akan menulis tentang penetapan saya sebagai tersangka proyek gardu induk PLN di kolom ini. Agar Jawa Pos (induk Bandung Ekspres) dan jaringan media dalam grupnya tidak menjadi corong saya pribadi. Jawa Pos Group harus menjadi corong siapa saja.

NEW HOPE 22 Oleh: Dahlan Iskan
NEW HOPE 22

Oleh: Dahlan Iskan

Untuk ”corong pribadi” itu saya bisa membangun ”koran saya sendiri”. Agar jangan mengganggu Jawa Pos Group. ”Koran” itu saya beri nama ”Gardu Akal Sehat Dahlan Iskan”. Bisa dibaca di www.gardudahlan.com.

Bahkan, sebenarnya saya ingin mengakhiri kolom New Hope ini. Bukan karena saya malu menjadi tersangka, tapi agar tidak mengganggu citra Jawa Pos Group. Ketika niat itu saya sampaikan ke redaksi Jawa Pos, mereka menolak. Mereka tetap meminta saya menulis New Hope di setiap hari Senin.

    ***

  1. Kali ini tentang besarnya harapan dunia. ”Agar Islam di Indonesia bisa mewakili ”suara Islam”. Ini tecermin dari forum Islam Nusantara yang diselenggarakan di gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), 29 Mei lalu. Salah satu kesimpulannya: Umat Islam di Indonesia harus mampu mengubah kesan tentang Islam. Selama ini, khususnya di dunia Barat, setiap menyebut Islam konotasinya langsung: Arab, Timur Tengah, konflik, kekerasan, teror.

Dua orang ahli Islam dari Amerika Serikat jadi pembicara. Salah satunya bernama Prof Dr James B. Howestry. James lama tinggal di pesantren Aa Gym di Bandung, di masa puncak popularitas Aa Gym. ”Saya sendiri sampai dipanggil Aa James,” guraunya. Aa Gym, yang duduk di barisan belakang forum itu, terlihat tersenyum. James melihat uniknya Islam di Indonesia. Damai dan toleran.

Bintang forum itu adalah Ustad Shamsi Ali, yang di New York dikenal sebagai Imam Shamsi. Beliau lahir di pedalaman Sulawesi yang miskin, sekolah di Makassar, dapat beasiswa sampai S-2 di Pakistan, bekerja di Arab Saudi, dan sejak 20 tahun jadi imam di New York. Bahasa Inggrisnya sudah tidak berbau Sulawesi sama sekali. Jauh beda dengan bahasa Inggris saya yang Njawani.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan