600 Polisi Terjerat Kasus Kriminal

Akibat Dari Gagalnya Pengawasan dari Atasan

JAKARTA – Aksi tindakan kriminal yang dilakukan anggota kepolisian, dinilai sebagai akibat gagalnya pengawasan yang dilakukan atasannya. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane. Dia mengatakan, dari data-data yang dimiliki IPW, jumlah polisi yang terduga terlibat dalam kasus tindak kriminal semakin hari semakin bertambah.

Pasalnya, setiap tahunnya IPW mendapati ada sekira 600 personil Polisi yang terduga terlibat dalam kasus tindak kriminal di Indonesia. ’’Dari kasus penyalahgunaan narkoba sendiri ada sekira 200 personil hingga 300 personil rata-rata setiap tahunnya. Dan yang lainnya itu, perampokan hingga disersi,’’ ucapnya dalam rilis kepada wartawan.

Melihat banyaknya personil yang terduga melakukan tindak kriminal tersebut, Neta mengatakan, itu semua akibat pembinaan yang sangat buruk dari pimpinannya. ’’Karena semakin hari semakin bertambah, IPW melihat ini akibat pembinaan atasan yang sangat buruk,’’ ucapnya.

Disamping itu, tambahnya, hal itu lantaran tidak adanya pengawasan yang dilakukan atasannya yang mengakibatkan para personil tersebut terbiasa melakukan tindakkan-tindakkan kriminal. ’’Kita berharap kepada Poldasu untuk melakukan pengawasan yang ketat dan tegas. Kemudian, propam juga diminta untuk turun tangan dalam penanganan kasus tersebut. Dan jika memang terbukti seperti apa yang dituduhkan kepadanya seperti perampokan dan lain sebagainya, ya dia harus di pecat terus diproses supaya bisa tersangka dibawa ke pengadilan,’’ tegasnya.

Kemudian, Neta mengatakan, pemecatan yang dilakukan kepolisian memang harus menunggu putusan dari pengadilan. Namun, sebelum adanya putusan pengadilan tersebut petugas berhak melakukan penahanan sampai akhirnya menunggu keputusan pengadilan. ’’Tapi, jika tingkat kejahatannya sudah cukup berat, Kapolda punya wewenang untuk melakukan pemecatan sebelum adanya putusan pengadilan,’’ tuturnya.

Pasalnya, hal tersebut dapat disimpulkan penyidik dari hasil penyelidikan mereka. ’’Sejauh apa hasilnya, dan bagaimana track recordnya. Sebab, banyak juga petugas kepolisian dipecat sebelum adanya putusan dari pengadilan,’’ ucapnya.

Melihat tingginya angka kriminal yang dilakukan petugas kepolisian tersebut, IPW sangat menyayanginya. Untuk itu, IPW meminta kepada Kapolsek hingga ke Kapolda untuk melakukan pengawasan yang ketat supaya tidak adanya penambahan petugas kepolisian yang melakukan tindakan kriminal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan