5446 Atlet Popnas Siap Tanding

BANDUNG – Ketua 1 PB Popnas Provinsi Jawa Barat Nandang Saptari, mengatakan, dari 34 Provinsi di Indonesia sekitar 5446 atlet Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) XIII Tahun 2015, siap berlaga di Jabar.

Untuk mempermuda pendaftaran, Jawa Barat, menerapkan sistem pendaftaran online. Karena sistem online tersebut, sangat membantu proses verifikasi atlet dari 34 provinsi. ”Namun data yang sudah masuk melalui pendaftaran online ini dikroscek dengan cara verifikasi oleh Ketua Tim Keabsahan dari Kepmenpora,” ujar Nandang diruang kerjanya kemarin.

Sementara, Ketua Tim Keabsahan Atlet Popnas XIII dari Kemenpora RI, Muhammad Aziz Ariyanto mengatakan, sistem pendaftaran online yang diterapkan Jawa Barat pada pendaftaran kontingen Popnas memang sangat membantu, terutama dalam proses verifikasi atlet

Menurut Aziz sistem baru yang diterapkan Jabar melalui pendaftaran online semakin mempermudah kita dalam melakukan verifikasi atlet, ”Walaupun demikian, tapi kita tidak serta merta kita sahkan. Setidaknya keabsahannya kita krosecek terlebih dahulu,” kata Aziz saat ditemui wartawan di sela-sela proses verifikasi atlet di Garden Permata Hotel, Jalan Lemah Neundeut, Kota Bandung, kemarin (8/9).

Dikatakannya, proses verifikasi data secara verbal, masih sangat diperlukan. Terutama untuk mencocokan data verbal atlet dengan yang sudah dimasukkan saat pendaftaran online. Data kelengkapan tersebut mulai dari ijazah, akta kelahiran, rapor, hingga surat keterangan sekolah.

”Popnas itu kan atletnya pelajar, jadi jelas persyaratannya. Pertama, kelahiran atlet maksimal per 1 Januari 1997 dan dibuktikan dengan akta kelahiran. Kedua, atlet yang membela kontingen provinsi tersebut merupakan pelajar yang dibuktikan dengan ijazah, rapor, dan surat keterangan sekolah,” terangnya.

Jika kedua persyaratan tersebut dipenuhi oleh setiap atlet yang akan membela provinsinya masing-masing, maka mereka berhak untuk berlaga di Popnas XIII/2015 Jabar. Sebaliknya, jika salah satu persyaratan tidak dipenuhi maka atlet yang bersangkutan tidak sah untuk tampil di Popnas XIII/2015.

”Hingga saat ini, tidak ada permasalahan berarti dari hasil hasil verifikasi verbal yang dilakukan sejak 5 September lalu. Paling hanya kelengkapan persyaratan saja yang masih kurang dari beberapa atlet dan kami meminta ofisial kontingen untuk melengkapinya. Dan hingga hari kemarin, sudah semua provinsi memasukkan berkas persyaratan dan sebanyak 31 provinsi sudah selesai diverifikasi,” pungkasnya. (aku/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan