444 Hari Jelang PON 2016

SEBANYAK 44 bebegig (orang-orangan di sawah) bakal memeriahkan acara “444 Hari Jelang PON XIX/2016 yang akan digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada tanggal 7 Juni 2015 mendatang.

”Acara ‘444 Hari Jelang PON XIX’ akan digelar bersamaan dengan HUT Kabupaten Ciamis,” kata Ketua Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media PB PON Jawa Barat Ateng Kusnandar.

Menurut dia, alasan PB PON XIX menyatukan HUT Kabupaten Ciamis dengan acara hitung mundur menuju PON karena ingin lebih meriah.

”Waktu acara 555 Hari Jelang PON XIX di Bogor sudah meriah, namun kami ingin membuat acara yang lebih meriah lagi. Makanya kami satukan dengan HUT Kabupaten Ciamis,” kata dia.

Dia menuturkan, pada acara tersebut unsur budaya dan kesenian tradisional Kabupaten Ciamis akan ditonjolkan melalui beragam kegiatan seperti parade 44 bebegig ukuran besar dan empat bebegig ukuran kecil.

”Alasan kami menampil bebegig pada acara ini karena kami ingin juga mengenalkan kesenian asli Kabupaten Ciamis, salah satunya bebegig ini,” kata dia.

Selain itu, lanjut Ateng, PB PON juga akan menggelar senam yang diikuti oleh 444 santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Ciamis.

”Karena ini senam yang diikuti santri, maka nanti massa yang akan ikut senamnya akan dipisah. Ada barisan santri laki-laki dan ada yang untuk perempuan,” ujar dia.

Dia menambahkan, pada acara tersebut juga akan dilaksanakan jalan santai yang jumlah pesertanya mencapai puluh ribuan orang.

”Jadi sebelum acara dimulai akan dimulai dengan jalan santai. Dan data sementara jalan santai nanti akan diikuti oleh sekitar 60 sampai 70 ribu warga,” katanya. (ant/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan