350 Warga Tanam 10.000 Pohon

[tie_list type=”minus”]Cibeureum Kerap Dituduh Penyebab Banjir[/tie_list]

 KERTASARI – Sebanyak 350 warga Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari bergotong-royong melakukan penanaman 10.000 pohon di bawah kaki Gunung Wayang Hulu sungai Citarum. Kegiatan tersebut digelar untuk memeringati hari bumi.

tanam 10000 pohon
Atep kusman/soreang ekspres

SIMBOLIK: Kepala Desa Cibeureum Atep Ahmad Syarif (kanan) dan sekretaris LMDH Atang (kiri) di sela-sela penanaman pohon, kemarin.

’’Kawasan ini (bawah kaki Gunung Wayang Hulu), kerap dituduh menjadi penyebab banjir di wilayah Kecamatan Majalaya, Ciparay, Bojongsoang, Dayeuhkolot, dan Baleendah,’’ ungkap Kepala Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari Atep Ahmad Syarif Hidayat, kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) di Cibeureum, kemarin (26/4).

Atep mengungkapkan, kegiatan tersebut muncul akibat persoalan ekologis yang ada di Desa Cibeureum. Akibat lahan kritis, akhirnya menimbulkan dan berdampak adanya lumpur yang menjadi bencana tahunan menggerus jalan raya.

“”Selain untuk lahan serapan dan pohon tersebut sebagai penyangga untuk tempat menyimpan air. Adapun jenis pohon yang ditanam yaitu jenis Ecalptus dan kayu putih,’’ ucap dia.

 ’’Memang dari dulu sudah dilakukan hal seperti ini. Tujuannya ingin terus membudayakan penanaman sebagai bagian kebutuhan menyelamatkan lingkungan supaya tidak terjebak pada dosa sosial,’’ kata kades.

Kaitannya dengan Sungai Citarum, Cibeureum merupakan Daerah Air Serapan (DAS) hulu Citarum, yang acapkali di salahkan oleh warga sebagai penyebab banjir.

Menurut dia, yang terlibat dalam penanaman pohon ini adalah Warga Desa Cibeureum, LMDH, pemerintahan desa, komunitas ojek gunung, ibu-ibu petani dan lain-lain. ’’Kami harap, pihak yang peduli untuk memberikan bantuan bibit pohon, baik pihak pemerintah, ormas, maupun Lembaga swadaya masyarakat,’’ tandasnya. (aku/rie)

Tinggalkan Balasan