125 CHJ Ikut Manasik Haji

BALEENDAH – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung, menggelar bimbingan manasik calon jamaah haji (CJH) yang pertama. Kegiatan tersebut digelar di Masjid Muhajirin, Ponpes Al Ihsan Jalan Adipati Agung, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung kemarin (3/8).

CHJ
YULI S YULIANTI/ SOREANG EKSPRES

SERAP ILMU: 125 CJH mendapatkan materi awal di Masjid Muhajirin kemarin (3/8).

Sebanyak 125 orang CJH mengikuti kegiatan tersebut. Kasi Haji Asep, menekankan pentingnya mengawali dengan niat yang benar dan ikhlas dalam melaksanakan ibadah haji. Dia juga menyampaikan agar seluruh jamaah dapat mengikuti bimbingan manasik haji dengan sungguh-sungguh, agar nantinya seluruh CJH dapat mengaplikasikan secara maksimal. ’’Sehingga predikat haji mabrur dapat diraih,’’ kata Asep dalam sambutannya.

Asep juga mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan program dari Kemenag ditingkat Kecamatan untuk 4 kali pertemuan. Tujuannya agar jamaah betul-betul memahami tentang aspek ibadah haji. Sedangkan di tingkat Kabupaten Bandung, pelaksanaan awal telah dilakukan pada Kamis (30/7) lalu di Masjid Al-Fathu dan dibuka oleh Bupati Bandung Dadang M Naser. ’’Dan yang datang sebanyak 1.954 orang yang merupakan seluruh jamaah dari Kabupaten Bandung. Dan nanti Selasa (11/8), akan dilaksanakan lagi ditingkat Kabupaten untuk praktekan simulasinya,’’ ungkapnya.

Sementara itu, pembimbing jamaah Asep Jaelani mengatakan, pihaknya memberikan bimbingan terkait masalah perjalanan ibadah haji. Mulai dari beberapa hal yang harus diketahui oleh jamaah di Lanud Sulaiman, dari pertama pelepasan menjelang ke Bekasi. ’’Karena di Bekasi suasana sudah mulai berangkat. Jadi kalau ada kekurangan harus di persiapan dari sini, terutama menyangkut dengan kesehatan jamaah. Kalau di Bekasi resikonya akan lain karena itu suasanya sudah mau mulai berangkat,’’ terang Asep.

Karena baru manasik awal, pihaknya belum ke materi inti. ’’Ini baru perjalanan dulu, yang sekilas-sekilas saja. Perjalanan dari sini, terus ke Bekasi lalu ke pesawat, ketika turun dari pesawat terus ke hotel lalu ke masjid,’’ pungkasnya. (yul/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan