Tanggap Darurat Bencana

Fasilitas Umum Lumpuh, Lima Hari Banjir Tak Kunjung Surut

DAYEUHKOLOT – Fasilitas umum di Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung lumpuh. Kondisi ini terjadi setelah lima hari banjir tidak kunjung surut. Termasuk, aliran listrik listrik dipadamkan oleh PLN hingga kemarin (22/12).

TERSERANG PENYAKIT: Petugas memeriksa warga yang tertimpa bencana banjir di salah satu posko kesehatan, di kawasan Dayeuh Kolot.
TERSERANG PENYAKIT:
Petugas memeriksa warga yang tertimpa bencana banjir di salah satu posko kesehatan, di kawasan Dayeuh Kolot.

Seluruh pegawai puskesmas, PT Pos Indonesia dan PLN di area tersebut pun diliburkan. Pegawai Puskesmas Dayeuhkolot Agus mengatakan, telah menghentikan seluruh kegiatan operasi di kantornya. Meski begitu, pihaknya tengah berupaya tetap beraktivitas menggunakan ambulans puskesmas keliling. ’’Kami tetap berusaha untuk memberi pelayanan,’’ ujar dia.

Masjid Agung Dayeuhkolot dan Pasar Dayeuhkolot pun ikut sepi aktivitas. Sebab, hampir seluruh areanya tergenang. Berikut dengan akes jalan utamanya. Akibatnya tidak ada kendaraan yang melintas.

Sementara itu, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bandung mulai disalurkan kepada korban banjir. Dengan mendistribusikan bahan makanan berupa beras sebanyak 1,2 ton, minyak goreng 174 liter, dan mi instan 3.360 bungkus untuk korban banjir yang berada di sejumlah titik pengungsian. Selain bahan makanan, diberikan pula bantuan seragam siswa, matras, selimut dan kelambu bayi.

Bantuan yang berasal dari Dinas Sosial dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bandung tersebut, masing-masing diserahkan ke sejumlah pengungsi korban banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Cicalengka, Rancaekek, Katapang dan Kutawaringin. ’’Sebagian besar bantuan ini diserahkan ketiga kecamatan yang paling parah dilanda banjir, yaitu Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Marlan S IP.

Sedangkan untuk keperluan evakuasi dan dropping bantuan bahan makanan dan obat-obatan, dikerahkan sejumlah perahu. Masing-masing dua unit perahu fiber, lima unit perahu aluminium, dua unit LCR dan dua unit river boat. Di samping itu Pemkab Bandung telah menghibahkan 18 unit perahu kayu untuk Kecamatan Dayeuhkolot. Hibah tersebut sebagai jawaban atas permintaan warga setempat yang dicetuskan dalam musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan