UIN Bandung Terapkan Sistem Seleksi Elektronik

BANDUNG-Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung menerapkan Sistem Seleksi Elektronik (SSE), untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) pada 2020 tahun ini.

Wakil Rektor I UIN SGD Bandung, Prof Rosihon Anwar mengatakan, SSE ini yang juga dikenal dengan Computer Based Test (CBT), akan bekerja selama delapan hari 15-24 Juni 2020, dan dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya. Untuk memulai sistem tersebut, pihaknya kata dia, sudah melakukan rapat internal kesiapan Sekretariat Panitia Nasional Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-UM PTKIN).

“Untuk perbedaan dengan tahun 2019, UM PTKIN tahun sekarang (2020) tidak menggunakan Paper Based Test (PBT) lagi, tapi 100% semuanya memakai SSE atau CBT karena SSE harga mati,” tegasnya di Gedung Lecture Hall Lantai 1, Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl AH Nasution, Cibiru, Cipadung Kota Bandung, baru-baru ini.

Kata dia, UM PTKIN dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), tak terkecuali UIN SGD Bandung. Termasuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) juga menerapkan hal yang sama dengan diselenggarakan melalalui koordinasi Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Rosihon menyebutkan, jalur tes berbasis komputer UM PTKIN 2020 itu diikuti oleh 58 PTKIN di Indonesia, yaitu 17 UIN, 32 IAIN, dan 9 STAIN, ditambah satu Fakultas Agama Islam dari PTN yaitu FAI Universitas Singaperbangsa Karawang

“Ini terbuka untuk semua lulusan dari satuan pendidikan MA, MAK, Pesantren Muadalah, SMA /SMK tahun 2018, 2019, dan 2020. Calon mahasiswa juga harus berbadan sehat agar dapat mengikuti perkuliahan dengan baik,” rincinya.

Untuk pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN kata Rosihon, dibebankan kepada peserta seleksi sebesar Rp 200 ribu. “Dibayarkan secara langsung melalui bank BNI di seluruh kantor cabang di Indonesia,” sebutnya. paparnya.

Sesuai jadwal, pendaftaran dan pembayaran UM PTKIN mulai dibuka pada 15 April-29 Mei 2020 pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk finalisasi pendaftaran dimulai pada 15 April-1 Juni 2020 pukul 24.00 WIB. (tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan