Tiga Siswa Penghafal Alquran Raih Umroh dari Sekolah

BANDUNG – Salah satu siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Lembang, Anne Rahmawati, meraih beasiswa dari sekolahnya untuk Umrah ke Tanah Suci Mekah.

“Waktu kecil saya punya hajat ingin ke Mekah. Setelah mendapat beasiswa ini, saya amat senang, bahagia, dan bangga karena bisa mengangkat derajat orang tua,” ungkapnya, saat ditemui di sekolah, Jalan Raya Lembang KM 11.4, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (22/1), dilansir dari disdikjabarprov.go.id.

Ia tak berangkat sendiri. Ada dua siswa lainnya yang juga berhasil meraih beasiswa tersebut. Yakni, Fayza Alifya Musthafa dan Aditya Nurachman Santoso. Mereka mendapatkan Beasiswa Umrah atas prestasinya menjadi tahfiz Quran terbaik. Selain ketiga siswa, program umrah ini pun memberangkatkan 1 guru pendamping, yakni Sisca Fitriyani. Rencananya, mereka akan berangkat umrah pada 17 Maret 2020.

Kepala SMAN 2 Lembang, Mohammad Samsul Arifin menjelaskan, beasiswa umrah dan tahfiz Quran adalah salah satu dari beberapa program keagamaan yang dicanangkan oleh sekolah. “Program ini telah kita mulai sejak tahun lalu. Kemarin dua siswa, sekarang tiga siswa bersama satu orang guru,” terangnya.

Samsul menjelaskan, pembiayaan yang digunakan sepenuhnya menggunakan infak dari siswa dan guru yang juga salah satu program harian sekolah. Setiap hari, siswa dibiasakan memberi infak sebesar Rp 1.000.

“Kita juga berusaha menumbuhkan kebiasaan (berinfak) tersebut karena itu ibadah yang sulit sekali. Beribadah untuk orang lain dan manfaatnya sangat besar dan bermanfaat,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan mengapa sekolah yang berdiri tepat di depan Alun-alun Lembang ini fokus pada pendidikan keagamaan. Hal tersebut, menurut Samsul, guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang salah satu poin utamanya menjadikan peserta didik yang beriman dan betakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Untuk menciptakan insan yang beriman dan bertakwa, sekolah harus mengupayakan karakter religius. Nah, program ini merupakan turunan untuk menunjang hal tersebut,” tukasnya. (bbs/tur)

Tinggalkan Balasan