Terapkan Kedisiplinan, Sekolah Wajibkan Siswa Shalat Duha

BALEENDAH – Untuk menanamkan pendidikan karakter kedisiplinan kepada anak didiknya, SMPN 2 Baleendah, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung terapkan pembelajaran Senyum, Salam dan Sapa (S3).

Hal itu dikatakan Kepala SMPN 2 Baleendah Sapto Hardono, menurutnya untuk mengimbangi era global dan digitalisasi. Pihaknya menerapkan beberapa program pembelajaran. Selain menerapkan pembelajaran S3, semua siswa diberikan pembelajaran rohani dengan menggelar rutin shalat duha.

”Setiap pagi, sebelum dimulai pembelajaran semua siswa diwajibkan melaksanakan shalat duda berjemaah,” kata Sapto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/2).

Menurutnya, dengan menerapkan pembelajaran tersebut diharapakan semua siswa SMPN 2 Baleendah memiliki karakter dan kepribadian yang disiplin. Baik di lingkungan sekolah, atau di lingkungan masyarakat.

” Karakter kedisiplinan dan kejujuran anak didik SMPN 2 Baleendah diterapkan mulai dari lingkungan sekolah. Sehingga, akan terbiasa saat berada di lingkungan masyarakat banyak,” jelasnya.

Selain menerapkan pembelajaran kedisiplinan melalui pendidikan karakter, pihaknya juga memberikan pembelajaran pramuka yang dilakukan setiap hari kamis minggu kedua setiap bulan. Hal itu, akan memberikan pembejalajar karakter secara kepribadian.

”Dengan mendapatkan pendidikan itu, maka semua anak didik SMPN 2 Baleendah akan mempunya prilaku yang jujur dan disiplin,” akunya.

Lebih lanjut Sapto menjelaskan, adapun untuk memgikuti pendidikan era digitali. Pihaknya menerapkan program E-learning melalui pembelajaran sistem Online berbasis IT.

”Melalui program E-Learning, semua anak didik kami akan mendapatkan pengetahuan terkait IT. Sehingga, siswa SMPN 2 Baleendah bisa mengikuti masa digital,” tuturnya.

Salah satu tenaga pendidik SMPN 2 Baleendah Supiyem mengaku, dengan menerapkan program E-Learning. Bisa mempermudah dalam memberikan pembelajaran kepada siswa.

” pembelajaran berbasis IT, terus diterapkan kepada siswa. Dengan adanya program tersebut, bisa mempermudah dalam memberikan arahan kepada anak anak,” katanya.

Menurutnya, menyambut program e-learning, hampir semua mata pelajaran diterapkan yang diberikan kepada semua siswa SMPN 2 Baleendah berbasis IT.

”Alhamdulillah, semua guru mapel menerapkan pembelajaran berbasiskan digital. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengetahuan diera digital. Sehingga, semua siswanya memiliki pengetahuan tentang IT,” akunya.

Untuk merealisasikan program E-Learning, SMPN 2 Baleendah akan melaksanakan Try Out (TO) sistem online dan siap melaksanakan UNBK secara

Tinggalkan Balasan