STIE Ekuitas Sediakan Jalur PMDK dan USM

BANDUNG – Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Masing-masing perguruan tinggi memberikan beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk para calon mahasiswa baru.

Salah satunya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas Kota Bandung. Dalam penerimaan mahasiswa baru, kampus swasta tersebut menyediakan dua cara yang bisa ditempuh untuk mendaftar ke perguruan tinggi ini.

Cara pertama bisa dilakukan secara online melalui website pmb.ekuitas.ac.id, kemudian cara ke dua bisa langsung datang ke kampus Ekuitas yang berada di Jalan PH H Mustofa No 31 Bandung.

Staff Administrasi Marketing STIE Ekuitas Kota Bandung Hilda mengatakan, terdapat dua jalur yang disediakan untuk penerimaan mahasiswa baru. Di antaranya, Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan jalur Ujian Saringan Masuk (USM).

Kata Hilda, perbedaan yang paling menonjol dari ke dua jalur tersebut ialah jalur PMDK hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus pada 2020. Sedangkan jalur USM diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang telah lulus di tahun-tahun sebelumnya.

”PMDK khusus mahasiswa baru, USM untuk mahasiswa tahun lalu. PMDK itu sistemnya lewat jalur undangan. Jadi kami punya data siswa itu dari guru BK. Kami minta ranking 1 hingga 25, nanti kami kasih surat undangan lewat gurunya. Surat undangan itu bisa jadi privilege card buat siswa untuk daftar di Ekuitas,” ujar Hilda, kepada Jabar Ekspres, di Kampus Ekuitas, Jumat (21/02).

Hilda menjelaskan, seleksi jalur PMDK ditentukan oleh nilai raport calon mahasiswa minimal harus memiliki nilai rata-rata 7.5  di semester IV atau V. Sementara mahasiswa yang masuk melalui jalur USM, nantinya akan diseleksi.

Seleksi tersebut memuat beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ekonomi Umum. Tak hanya itu, Hilda memaparkan, mahasiswa yang menempuh jalur USM juga akan melalui Psikotest terlebih dahulu. Jalur USM ini juga akan dikenakan sejumlah biaya.

Untuk diketahui, terdapat empat program studi di STIE Ekuitas, yakni S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Perbankan dan Keuangan, dan D3 Akuntansi. Saat ini, program studi yang paling banyak diminati ialah S1 Akuntansi. Ekuitas sendiri menargetkan sebanyak 800 calon mahasiswa untuk semua program studi pada 2020. (mg7/tur)

Tinggalkan Balasan