Rossi Menurun, Alex Tak Akan Pengaruhi Marquez di MotoGP 2020

JAKARTA – Juara dunia GP125 dan GP250, Loris Capirossi menilai Valentino Rossi terlalu banyak bermain aman, sehingga terlihat penurunan kualitas membalap sepanjang MotoGP 2019.

Bagi Capirossi, Rossi sudah sangat berbeda berbanding 10 tahun silam. ”Vale (Valentino Rossi) adalah fenomena. Juara yang hebat. Ia sangat sering bertarung di depan, melawan para rider terbaik. Meski begitu, ia sudah berusia 40 tahun, dan sayangnya bebannya mulai terasa,” kata Capirossi, melansir Paddock-GP, Selasa (14/1).

Rossi, kata Capirossi sudah mulai kehilangan kecepatannya. Mungkin juga mulai kehilangan hasrat, dan hal ini membuat para pembalap muda mengambil lebih banyak risiko untuk lebih cepat. ”Kini, Vale lebih konservatif,” sambung pembalap berpaspor Italia itu.

Menurutnya, sejak memulai debut sebagai pembalap, Rossi langsung menunjukkan kualitasnya. Bahkan The Doctor sempat mendominasi persaingan di kelas primer dalam beberapa musim. Tetapi, lambat laun performa Rossi menurun. Pada MotoGP 2019, performa Rossi bersama Tim Monster Energy Yamaha hanya meraih dua podium, dari 19 balapan yang dilalui. Rossi juga terpaksa harus rela finis di posisi ketujuh pada klasemen akhir MotoGP 2019.

Sementara itu, Kehadiran Alex Marquez di tim Repsol Honda, menurut Manajer Tim Alberto Puig, akan menjadi duet sangat bagus terutama bagi Marc Marquez.

Pernyataan Puig jelas menepis anggapan jika hadirnya Alex bakal memengaruhi performa Marc di MotoGP 2020. Bagi Puig, Marquez justru akan merasa lebih tenang karena Alex bergabung ke Repsol Honda, tim yang sudah dipahami betul olehnya. Dengan begitu, Marc Marquez bisa memastikan bahwa dukungan penuh dan terbaik bakal didapat sang adik saat menjalani musim debut di MotoGP.

”Marc (Marquez) akan lebih khawatir jika saudaranya melakukan debut dengan tim lain di MotoGP. Dia tahu bagaimana Honda memperlakukan pembalap dan karena itu sadar bahwa adiknya ada di tempat yang baik. Kedatangan Alex tidak akan memengaruhi hasil Marc, sebaliknya dia sangat senang,” kata Puig, lansir Tutto Motori Web.

Alex Marquez telah resmi menjadi pembalap reguler untuk tim Repsol Honda mulai musim ini. Adik dari juara dunia 2020 Marc Marquiz sendiri hadir menggantikan posisi Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2019.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan