Persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Fisik Pemain Timnas Jadi Prioritas

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia senior terus menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Stadion Madya, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menggenjot pemain dengan porsi latihan fisik yang padat. Bagi Kiper Timnas, Nadeo Argawinata, saat ini Shin Tae Yong masih berkonsentasi membenahi fisik para pemain. Pemain muda Bali United itu mengatakan belum ada materi latihan taktik maupun strategi.

”Sejauh ini, tim pelatih fokus terhadap fisik dan kebugaran pemain dulu. Jadi selama pelatnas empat hari ini, memang bener-bener digenjot fisik kita. Namun, saya rasa semua pemain merasakan hal yang sama, yakni peningkatan stamina,” kata Nadeo kepada wartawan usai menjalani pelatnas di Stadion Madya, Selasa (18/2) kemarin.

”Jadi untuk pertandingan atau match, setau saya itu akan dilakukan tanggal 20 Februari nanti, belum bisa dilihat sih. Tapi sejauh ini kalau dari segi fisik, saya pribadi mungkin teman-teman lainnya juga merasakan lebih baik,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Nadeo mengatakan pelatih asal Korea Selatan itu memberi latihan tambahan selama 30 menit, khusus untuk empat kiper yang dipanggil. Selain Nadeo, ada nama Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Adi Satrio (PSMS Medan). ”Apalagi di posisi penjaga gawang seperti kita ya, bisa dilihat 30 menit sebelum latihan, Kami sudah datang duluan,” tegasnya.

Meski demikian, Nadeo menyatakan tetap menikmati semua momen karena baginya latihan keras yang diberikan tentu memiliki tujuan baik untuk meningkatkan kualitas para pemain. Setali tiga uang, pemain muda asal Persebaya Surabaya, Koko Ari Araya mengaku senang dengan program laihan yang diberikan oleh Shin Tae Yong.

Menururnya, materi yang diberikan sesuai dengan hobinya yang selalu ingin meningkatkan fisik dan stamina. ”Cukup menyenangkan (latihan dengan Shin Tae Yong, red). Karena saya orangnya suka lari ya, kan coach Shin meminta agar pemainnya kerja keras, lari, fisik, jadi enak aja,” ujarnya.

Untuk diketahui, Koko adalah salah pemain muda yang dipanggil Shin Tae Yong untuk menjalani pelatnas. Selain Koko, Shin juga memanggil beberapa pemain muda lainnya seperti, Adi Satri, Alfreanda Dewangga, Pratama Arhan dan Irfan Juahari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan