Pasca Dibenahi, PKL Cicadas Alami Penurunan Omset

BANDUNG– Para pedagang kaki lima (PKL) Cicadas saat ini mengalami penurunan omset pasca dilakukan pembenahan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sejak Agustus 2019 lalu. Tak sedikit pedagang yang mengeluhkan hasil penjualannya tersebut.

Sejumlah pedagang mengaku turunnya omset lantaran faktor tempat penjualan tak dilengkapi dengan kanopi sehingga saat hujan atau panas membuat pembeli tidak nyaman.

Pantauan Jabar Ekspres di lokasi, Rabu (8/1) sekitar pukul 13.36, sepanjang tempat penjualan PKL Cicadas begitu sepi pengunjung. Bahkan, beberapa pedagang sejak pagi ada yang belum mendapat pembeli.

Pedagang pakaian, Wulan,54, mengaku, sejak pagi hingga siang tak ada satupun pembeli. “Kalau jumlah pembeli ramai sebelum direnovasi, kalau sekarang parah karena sangat sepi. Sehari penjulan tidak tentu, kadang hanya ada dua potong (pakaian) yang terjual kadang dua potong. Biasanya dulu sehari kadang dapat sampai Rp 500 ribu lebih,” katanya di lokasi, kemarin.

Hal senada diungkapkan pedagang buah, Sobur,63. Dirinya juga mengeluhkan penjualan yang menurun akibat penataan yang tidak sempurna.

“Iya kalau untuk dipandang sepanjang jalan Cicadas sekarang lebih bagus dan bersih, tapi untuk jualannya menurun. Kalau memilih enakan dulu karena antar kios ada tendanya di bagian atas. Kalau sekarang hujan kehujanan, kalau panas kepanasan,” sesalnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Pemkot Bandung untuk menambah fasilitas berupa pemasangan kanopi. Hal itu untuk memberikan rasa nyaman bagi pedagang dan pembeli.

Untuk diketahui, Pemkot Bandung selesai menata kawasan berjualan PKL di Cicadas. Kini lapak PKL tidak lagi sempit dan gelap.  Sebelum ditata, trotoar di sepanjang Cicadas yang memiliki lebar 5 meter harus dilewati pejalan kaki karena termakan lapak jualan PKL.

Saat ini, sebanyak 602 pedagang sudah menempati 542 unit tenda tempat berjualan yang dibuat dari besi. Meski masih berada di trotoar, lapak luas PKL sudah seragam. Jalur untuk pejalan kaki menjadi lebih lenggang menghabiskan sebelumnya. “Selamat kepada PKL Cicadas . Pesan saya, trotoar sudah bagus dan bersih. Tolong dijaga kebersihannya, ketertibannya,” ujar Wali Kota Bandung Oded M. Danial sesuai meresmikan kawasan Pasar PKL Cicadas belum lama ini. (mg4/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan