Jaga Kondisi Alam, Tiga Ribu Pohon Ditanam di Lembang

NGAMPRAH– Sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan, ratusan pesonel Polres Cimahi, Kodim 0609 serta berbagai unsur masyarakat melakukan penanaman ribuan bibit pohon di kawasan Wisata Geger Bintang yang berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH Bandung Utara, Kecamatan Lembang, Jumat (10/1).

Kegiatan tersebut merupakan kontribusi Polri dalam upaya melestarikan dan mencegah kerusakan alam sesuai program Kapolri Jendra Idham Azis. Selain itu, penanaman bibit pohon ini dalam rangka menyukseskan imbauan Presiden RI, yaitu Gerakan Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup.

“Hari ini (kemarin) dilaksanakan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia. Pak Kapolri melaksanakan penanaman di Cikeas, Kabupaten Bogor,” ujar Wakapolres Cimahi, Kompol Widi Setiawan saat diwawancarai di sela kegiatan.

Widi menyebutkan, total ada 1 juta pohon yang ditanam di seluruh wilayah Indonesia yang dilaksanakan Polri bersama masyarakat. Sedangkan untuk di wilayah hukumnya, Polres Cimahi menanam sebanyak 3.000 pohon berjenis tanaman keras seperti damar, buah-buahan dan lainnya di lahan seluas 5 hektare.

“Langkah ini juga sebagai upaya mencegah terulangnya kejadian bencana alam di wilayah Bandung Barat serta daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sebab, dampak dari bencana tersebut menyebabkan puluhan orang meninggal dunia dan menimbulkan kerugian materi yang tak sedikit,” ungkapnya.

Menurut Widi, saat ini semua pihak jangan saling menyalahkan atas bencana alam yang terjadi. Namun yang terpenting, semua introspeksi diri dan sama-sama memperbaiki alam, salah satunya dengan menanam bibit pohon untuk mengurangi dampak bencana seperti banjir dan longsor.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat, Rismanto mengapresiasi gerakan penanaman ribuan bibit pohon. Karena, kegiatan positif ini bisa mengurangi dampak bencana yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah Bandung Barat.

“Gerakan ini merupakan langkah nyata yang patut ditiru oleh kita semua dalam mencintai alam dan bumi kita. Kalau kita menjaga alam, alam pun akan menjaga kita,” ujar Rismanto.

Di tempat yang sama, Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin menyambut baik gerakan penanaman ribuan bibit pohon tersebut. Sebab, pihaknya memiliki keterbatasan personel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan