Jadi Pembalap Tes, Lorenzo Kembali ke Yamaha

JAKARTA – Juara dunia tiga kali MotoGP, Jorge Lorenzo, resmi kembali ke tim pabrikan Yamaha, tetapi dengan peran berbeda di MotoGP 2020. Di mana, Lorenzo akan menjadi pembalap tes.

Dalam dua hari ke belakang, Yamaha memang membuat beberapa kejutan. Setelah resmi memperpanjang kontrak Maverick Vinales untuk masa abdi 2 tahun, tim berlambang garpu tala ini kemudian memasukkan nama Fabio Quartararo menggantikan posisi Valentino Rossi.

”Yamaha dengan senang menyambut kembali tiga kali juara dunia MotoGP Jorge Lorenzo. Dia akan bergabung dengan tim Yamaha Racing sebagai pembalap tes dengan tujuan mendorong pengembangan sepeda motor pada musim 2020,” demikian pernyataan resmi Yamaha.

Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP akhir musim lalu, setelah terus mengalami cedera dan kesulitan tampil kompetitif bersama Repsol Honda.

Pihak Yamaha memastikan Lorenzo akan melakukan tes menggunakan sepeda motor YZR-M1 pada sesi tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, 2-4 Februari mendatang.

Lorenzo juga dipastikan ambil bagian di tes resmi IRTA dan sejumlah tes privat Yamaha tahun ini. Tim tes Yamaha yang diperkuat Lorenzo ini di bawah pimpinan Silvano Galbusera, yang merupakan kepala mekanik Valentino Rossi musim lalu.

Lorenzo sendiri merasa sangat senang. ”Saya sangat senang dengan keputusan bergabung dengan tim tes Yamaha. Saya selalu berencana tetap terlibat di MotoGP dan kembali ke paddock, dan saya pikir ini peran yang cocok untuk saya,” akunya.

Lorenzo mengaku senang karena sudah sangat kenal dengan tim dan motor M1. ”Yamaha sangat cocok dengan gaya membalap saya, dan saya tidak sabar untuk kembali bertemu sepeda motor lama saya,” sambung pembalap asal Spanyol itu.

Pihak Yamaha sendiri memastikan belum ada rencana Lorenzo tampil di MotoGP 2020 sebagai pembalap wildcard. Namun, tim asal Jepang itu membuka peluang Lorenzo untuk kembali tampil di MotoGP. (mg8/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan