FIFA Setujui Enam Stadion

JAKARTA Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Untuk pelaksanaan turnamen sepak bola usia muda paling bergengsi di dunia tersebut, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku penyelenggara telah mengajukan 10 stadion kepada Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA.

Sepuluh stadion yang diajukan, dianataranya Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Patriot (Bekasi), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Mandala Krida (Yogyakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali). Akan tetapi, FIFA hanya menentukan empat stadion, kabarnya, FIFA akan mengumumkan, Sabtu (25/1).

ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, setelah PSSI melakukan komunikasi dengan otoritas tertinggi sepak bola di dunia itu, jumlah stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-21 2020 kini bertambah.

”Ya, PSSI berhasil meyakinkan FIFA untuk penambahan stadion di Piala Dunia U-20 202. Alhamdulillah tim sudah selesai bernegosiasi dengan FIFA. Dari empat stadion yang awalnya sudah ditentukan FIFA, namun sekarang menjadi enam. Mudah-mudahan kedepannya tidak ada perubahan kembali,” katanya.

Iwan Bule sapaan akrab ketua Umum PSSI menjelaskan, kendati sudah mendapatkan persetujuan menjadi enam stadion yang akan digunakan. Pihaknya masih belum menentukan stadion mana saja yang akan digunakan. Dirinya akan kembali melakukan kunjungan ke stadion-stadion tersebut untuk memastikan kesiapannya.

”Enam itu, kan nanti sebelum atau sesudah kongres saya akan muter sekali lagi. Karena penambaha dua (stadion) ini harus menjadi lebih baik dibandingkan dengan yang ada. Jadi mungkin pas FIFA datang saya ingin tanyakan lagi kriteria apa yang perlu dan diminta oleh FIFA terkait dengan infrakstruktur stadion dan sebagainya,” jelas Iwan.

Penambahan dua stadion tersebut juga dibenarkan oleh salah satu Anggota Eksekutif (PSSI), Yoyok Sukawi. Pria yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI ini mengatakan bahwa sejatinya FIFA sifatnya hanya menyetujui usulan tuan rumah dalam hal ini PSSI dan Indonesia.

”Iya kabarnya seperti itu (pemakaian enam stadion, red). Pemakaian stadion kan memang kita tuan rumah yang mengusulkan ke FIFA. dan FIFA sifatnya menyetujui,” tutur Yoyok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan