Biaya Pendidikan RI Mahal

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data inflasi beberapa hari lalu. Dalam data disebutkan inflasi pendidikan juga tinggi yaitu 3,81%. Mulai tahun ini, BPS menggunakan keranjang inflasi baru. Dilansir dari cnbcindonesia.com, pendidikan menjadi kelompok sendiri, awalnya digabung dengan rekreasi dan olahraga. Melihat ke belakang, inflasi pendidikan memang agak tinggi. Bahkan dalam dua tahun terakhir, inflasi pendidikan lebih tinggi ketimbang inflasi umum.

Nah, kalau bicara soal mahal, beberapa sekolah internasional yang tarifnya di atas rata-rata. Biaya tinggi itu biasanya dipatok oleh sekolah-sekolah berlabel internasional, seperti yang sekarang menjamur di Jakarta.
CNBC Indonesia merangkum beberapa sekolah berlabel internasional, di antaranya adalah ACG School Jakarta, The New Zealand Independent School, Highscope Indonesia School, serta Primary Years Program Cikal untuk mengetahui sistem pembelajaran dan berapa biaya yang dipatok sekolah-sekolah tersebut.

Tarif Rp 285,9 Juta per Tahun, Murid Sekolah Ini Datang dari Berbagai Negara

Berada di bilangan Warung Buncit Jakarta Selatan, ACG School Jakarta menawarkan pendidikan yang lebih santai dan tidak melulu teori. Sekolah Dasar (SD) atau primary dari kelas 1 sampai 6 ini memiliki cara pengajaran dengan mengeksplor, meneliti, dan menginvestigasi gagasan utama dari setiap topik.

Sekolah tersebut memperluas pembelajaran mereka di luar kelas dengan banyak melakukan kunjungan reguler. Kurikulum yang diterapkan langsung dari New Zealand dan 100% menggunakan bahasa Inggris dengan menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB).

Tidak hanya cara belajar yang santai, sekolah ini juga akan memfokuskan pada pendidikan berhitung, menawarkan pengajaran spesialis dalam musik, pendidikan jasmani, keterampilan perpustakaan, berenang dan Bahasa Indonesia.

Seluruh murid yang ada sekolah ini datang dari berbagai negara dan ras sehingga lebih beragam dalam mengenal budaya satu sama lain. Untuk tingkatannya sendiri ditentukan oleh usia si anak agar sisi emosionalnya tetap sesuai.

Berbeda dengan sekolah lainnya, ACG School Jakarta memiliki standar biayanya sendiri. Berdasarkan info yang didapat dari situs resmi ACG School, untuk tahun ajaran 2019/2020 biaya yang harus dikeluarkan untuk tingkat TK adalah Rp 115,5 juta per tahun untuk anak usia 4 tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan