Begini Tips Zaskia Adya Mecca untuk Jadi Moslem Enterpreneur

BANDUNG – Zaskia Adya Mecca atau yang lebih akrab dipanggil Bia membagikan pengalamannya dalam dunia wirausaha.

Dia merupakan salah satu pengisi acara dalam kegiatan yang digelar oleh PT. Pegadaian.

Menurut ibu dari empat anak itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menjadi seorang Moslem Enterpreneur.

“Mulai lah usaha dari hal yang disukai. Jangan terlalu terburu-buru mempekerjakan karyawan. Saya belajar langsung mengenai seluk beluk bisnis yang saya lakoni. Setelah paham, baru kita naro org untuk menjalankan usaha kita. Udah tujuh tahun bisnis, karyawan saya kurang lebih ada 100-an.” Ungkapnya saat mengisi seminar di Kantor Pegadaian Kanwil X, Kota Bandung, Jumat (28/02).

Lebih lanjut ia mengatakan jika seseorang ingin menjadi entrepreneur, maka penting untuk terjun langsung ke lapangan. Sebab, usaha apapun bisa dikerjakan ketika terjun langsung.

Seperti mengikuti kegiatan seminar. Belajar tidak harus di kampus. Selalu mendengarkan ilmu dan pengalaman dari orang lain. Jangan pernah berhenti belajar dari orang lain.

Seorang peserta seminar bertanya mengenai cara agar meminimalisasi kerugian. Khususnya ketika berbisnis makanan. Mengingat beberapa makanan yang tidak tahan lama mungkin akan cepat basi dan akhirnya tidak laku dijual.

“Pertama harus paham perhitungan. Kita butuhnya berapa? Jual produk dengan promo hari peringatan atau apapun agar produk yang cepat basi atau bahannya akan segera kadaluarsa cepat terjual. Terus manfaatkan sosial media, dijadikan endorse ke temen-temen yang jago jualan atau yang followersnya banyak juga bisa,” pungkas Zaskia. (mg7/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan