Ayo Daftar! Dishub Cimahi Sediakan 750 Kursi Penumpang untuk Program Mudik Gratis

CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi kembali menggelar program mudik gratis pada lebaran tahun ini. Sebanyak 750 kuota disiapkan untuk memfasilitasi para pemudik asal Kota Cimahi yang akan merayakan lebaran di kampung halamannya.

Pendaftaran mudik gratis tahun ini mulai dibuka  2 Maret 2020 sampai 31 Maret mendatang di Kantor Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah.

Tujuannya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni jalur selatan dari Kota Cimahi menuju Solo via Yogyakarta dan jalur utara Kota Cimahi menuju Semarang via Cirebon.

“Pendaftaran dibuka pukul 09.00-15.00 WIB khusus warga Kota Cimahi,” terang Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jumat (28/2).

Ranto menegaskan, sebab mudik gratis ini hanya berlaku bagi warga Kota Cimahi, maka persyaratan yang harus dibawah adalah fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akte kelahiran bagi anak dibawah umur.

“Nanti yang terakomodir mudik gratis harus daftar ulang tanggal 4-15 Maret 2020. Berangkatnya 21 Mei,” ujarnya.

Dalam Mudik Gratis Lebaran 2020, terang Ranto, pihaknya menyiapkan kuota bagi 750 orang yang akan diangkut menggunakan 13 armada bus. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 854 orang, dengan 15 bus.

“Karena kuotanya terbatas, jadi siapa cepat mendaftar dia yang dapat,” tutur Ranto.

Dia menjelaskan, menurunnya kuota mudik gratis tahun ini disebabkan adanya defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi, sehingga pihaknya harus melakukan penyesuaian.

Pagu anggaran yang disiapkan untuk kebutuhan mudik gratis tahun ini mencapai Rp185.250.000. Namun, untuk harga kontrak nantinya bisa lebih rendah dari Alokasi biaya yang sudah disiapkan.

“Alokasi per bus selama 3 hari x Rp4.750.000 = 14.250.000 per bus, karena untuk peggunaan sewa bus ke wilayah Jawa Tengah, hitungannya sewa 3 hari,” terangnya.

Namun melihat antusiasme warga Kota Cimahi yang begitu besar, sama seperti tahun sebelumnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat untuk mengakomodir warga Kota Cimahi.

“Antusiasmenya pasti melebihi kuota. Tapi saya sudah bersurat ke Dishub Provinsi untuk meminta bantuan bus mudik gratis. Semoga saja dari Dishub Provinsi bisa menyediakan bus bantuan,” ungkap Ranto. (mg4/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan