Wujudkan Transparansi Melalui SPBE

BANDUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat gelar Piloting Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) diikuti oleh perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika dari 27 Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Provinsi Jawa Barat, Setiaji di dampingi oleh Kepala Bidang E-Government Dian Istanti, serta dihadiri oleh Kabid Asesmen dan Penyiapan Koordinasi Kelembagaan Tata Laksana Kemaritiman pada Kementrian PAN RB Aryo Wiriandhi.

Kementerian PAN dan RB berharap pemerintah daerah aktif untuk menyesuaikan diri dalam mengikuti perkembangan jaman agar tetap menjalankan pemerintahan yang efektif, efesian dan akuntabel serta mampu memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat.

Kabid Asesmen dan Penyiapan Koordinasi Kelembagaan Tata Laksana Kemaritiman pada Kementerian PAN RB Aryo Wiriandhi mengatakan Kemenpan RB siap untuk mengawal reformasi birokrasi hingga ke pemerintah daerah (Pemda) termasuk melalui Piloting SPBE.

“Karena memang kondisi geografis kita yang luas dan ribuan pulau yang tersebar, menggunakan SPBE adalah keniscayaan dalam reformasi birokrasi,” ujarnya di acara Piloting Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Hotel Aston Pasteur, Bandung, Selasa (1/10).

Disebutkan, berdasarkan evaluasi 2018, SPBE diterapkan kepada 623 Pemda dan sudah dilakukan evaluasi terhadap 616 Pemda. Hasilnya adalah indeks SPBE rata-rata nasional mencapai 1,98. Hal itu menurutnya masih jauh dari target, yakni sebesar 2,6.

Ada sebanyak 14 provinsi yang sudah mencapai target dimana salah satunya adalah Jawa Barat, di Jawa Barat sendiri target minimal indeks 2,6 telah dicapai oleh Kabupaten Bandung, Purwakarta dan Cirebon serta Kota Bandung, Cimahi, Bogor dan Depok.

Pemerintah terus mengupayakan peningkatan indeks, salah satunya memberikan pendampingan kepada seluruh pemerintah daerah melalui piloting SPBE.

Ada sejumlah modul yang dibahas antara lain kebijakan internal dan tata kelola kelembagaan, strategi dan perencanaan IT, kebijakan internal dan pelayanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik hingga pelayanan publik berbasis elektronik.

Sementara itu Kepala Bidang E-government Dian Istanti menambahkan piloting SPBE menjadi salah satu program untuk peningkatan kinerja pemerintahan yang efesian, efektif, transparan dan akuntabel yang bertujuan pada peningkatan pelayanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan