Wonderful Human Resources 4.0

BANDUNG- STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) NHI Bandung melaksanakan Wisuda tahun 2019 dengan tema Wonderful Human Resources 4.0 di Dome Malabar. Peserta wisuda sebanyak 610 orang terdiri dari 28 orang lulusan Pascasarjana, 60 orang lulusan Strata 1, 191 orang Lulusan Diploma IV dan 331 orang lulusan Diploma III.  Adapun Wisudawan Terbaik Tahun 2019 adalah Saudara ACHMAD RIFQI lulus dengan pujian (IPK 3,74), Zero Absensi 2015, 2016 & 2017 dan Penghargaan (Champion of The Year for FITE 2016, Best Speaker for English Debate Competition at Telkom University 2015, Outstanding Research Article, Summer Course at University of Anger France dan Thesis Research in Collaboration dengan Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih).

Berdasarkan hasil Tracer Study tahun 2019 untuk Cohort 2018 sebanyak 23% telah memperoleh pekerjaan sebelum lulus dan sisanya sebanyak 77% memperoleh pekerjaan setelah lulus dengan masa tunggu pekerjaaan selama 3,3 bulan.  Lulusan yang bekerja di luar negeri sebanyak 12% dan sisanya 88% di dalam negeri dengan sebaran di industri pariwisata sebesar 81% dan non pariwisata 19%.

Pada tahun 2019 STP NHI Bandung telah melahirkan 92 orang yang tergabung dalam Batch IV atau 13,2% dari total mahasiswa T.A. 2018-2019 yang mengikuti Program Inkubasi Wirausaha. Dalam rangka mendukung program Kementrian Pariwisata yakni mengembangkan entrepreneur di bidang pariwisata, STP NHI Bandung turut berkontribusi dengan menciptakan UPA (Unit Practice Assessment) Enhaii Corner 186 bagi mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan dan telah mengikuti inkubasi di Enhaiipreneur Center.

 

Program pembentukan UPA merupakan salah satu usaha yang di lakukan STP NHI Bandung didalam mencapai target 10% dari lulusan setiap tahunnya, dan pada kesempatan kali ini Menteri Pariwisata RI meresmikan Grand Launching Enhaii Corner 186  dengan harapan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa yang ingin berwirausaha khususnya di bidang pariwisata. Pengalaman praktek berbisnis secara nyata akan menjadi pengalaman serta pembelajaran yang sangat berarti bagi mahasiswa. Kehadiran Enhaii Corner 186 di STP NHI Bandung sebagai UPA, merupakan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain.

Sebagai institusi tertua, terdepan dan terbaik, maka dituntut untuk terus melakukan inovasi dan terobosan dalam penguatan institusi STP NHI Bandung. Saat ini STP NHI Bandung sedang on progress merealisasikan arahan Menteri Pariwisata dalam meningkatkan reputasi menjadi menjadi the Global Player dengan CWUR Ranking by Subject in Hospitality, Leisure, Sport and Tourism dengan kriteria : Research Publication and Citation, Award by Faculty/Alumni, Academic Quality and Patens Field.  Salah satu yang menjadi fokus tantangan adalah pada Research Publication and Citation dan Patens Field. (rls/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan