Wisata Sungai Citumang Harus Berkelas

PANGANDARAN – Kawasan pariwisata di Kabupaten Pangandaran memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Sebab, selain memiliki pantai, Pangandaran juga memiliki hutan sungai dan pegunungan.

Sungai Citumang merupakan destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Dilokasi ini wisatawan dapat berenang dan menikmati segarnya air pegunungan.

Obyek wisata memacu adrenalin ini, ternyata menarik minat Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta Wakil Gubernur Uu Rudzanul Ulum. Sebab, setelah selesai melaksanakan rapat kerja dengan seluruh kepala daerah, Ridwan Kamil ditemani istri mencoba menikmati keindahan alam Sungai Citumang.

Bersama rombongan Kepala dinas Pemdaprov Jabar mencoba untuk menikmati derasnya sungai Citumang. Bahkan, dari kalangan media ikut terjun langsung menikmati keceriaan bersama Gubernur.

“Hari ini saya sangat bergembira, bersama warga, pers, dan para pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat setelah melakukan rapat kerja kami berwisata di sungai Citumang,’’ucap pria yang akrab disapa Emil.

Air yang jernih denga warna ke hijau-hijauan membuat rombongan Gubernur larut ke dalam kecerian bersama warga setempat dan insan media.

Sungai Citumang merupakan obyek wisata Body Rafting yang paling banyak diminati wisatawan. Sebab, selain harganya murah berenang di Sungai ini tidak membahayakan. Terlebih peralatan safety untuk berenang dan pengawasan selalu dilakukan oleh petugas.

Dikawasan Citumang juga bisa menikmati terapi ikan di kolam ikan nilam berukuran kecil. Tereapi ikan ini sangat bermanfaat untuk memakan sel-sel kulit mati di kaki.

Selama body rafting di Sungai Citumang ini, para peserta nantinya akan melewati gua yang menjadi daerah aliran sungai Citumang. Sehingga, dinding gua (stalaktit) dan rindangnya pepohonan dengan akar menjalar menjadi sajian menakjubkan untuk dinikmati.

Tak mau kalah dengan insan media Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut melompat ke air dari ketinggian 7 meter. Selain melompat, ada pula wisatawan yang bergelantungan layaknya Tarzan.

Untuk lokasi lompatan sebetulnya pihak pengelola sudah menyediakannya. Dari yang ketinggian dua meter, tiga meter sampai tujuh meter.

’’Ini sangat recommended untuk berwisata air bersama keluarga,’’ seru Emil.

Seusai menikmati sungai Citumang yang menakjubkan, Emil menuturkan, bahwa obyek wisata Czitumang harus dikembangkan fasilitasnya. Sehingga, destinasi wisata Citumang menjadi berkelas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan