Warga Sambut Antusias Ribuan Bibit Pohon dan Ikan Gratis

BANDUNG– Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung membagikan ribuan bibit tanaman, ikan, telur puyuh pada acara Bandung Agri Market (BAM) di halaman Balai Kota Bandung pada Minggu (28/4/2019).

Warga menyambut antusias acara ini. Terbukti, sejak pu­kul 06.00 WIB, warga sudah membentuk antrean hingga ratusan meter.

Plt. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Elly Wasliah menyatakan, BAM ini tidak hanya menampilkan hasil berkebun seperti sayuran, buah-buahan lokal serta ola­han dari perikanan dan pe­ternakan. Namun, Dispangtan juga turut membagikan ri­buan bibit secara gratis ke­pada masyarakat.

Bibit tanaman sebanyak 3.500 pohon di antaranya, pisang, berbagai macam jeruk, cabai rawit, terong, anggrek. Ada juga ikan hias 250 kantung dan ikan konsumsi 250 kan­tung, telur puyuh 200 pak.

“Alhamdulillah direspon masyarakat. Semoga masy­arakat Kota Bandung semakin mencintai tanaman,” kata Elly di sela-sela acara.

Elly menuturkan, BAM merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk memfasili­tasi masyarakat berkebun dan menunjukan hasil bercocok­tanamnya selama ini. Saat ini ada sekitar 950 RW yang sudah melaksanakan kampung ber­kebun di Kota Bandung.

Selain itu, sambung Elly, BAM ini juga mengedukasi masyarakat perihal peman­faatan ruang di perkotaan untuk berkebun. Di antaranya melalui metode hidroponik. “Ada 34 stan yang sebagian besarnya masyarakat. Hanya beberapa yang diisi oleh HIPMI Kota Bandung dan ada dari komunitas,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial sangat terkesan dengan an­tuasiasme masyarakat yang rela antre panjang hanya un­tuk mendapat bibit pohon di acara Bandung Agri Market (BAM) 2019.

Untuk itu, ia langsung menginstruksikan agar Di­nas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) kembali meng­gelar acara serupa.

“Saya meminta agar acara seperti ini intensitasnya harus diperbanyak. Karena ketika melihat antusiasme masyara­kat bagus. Pemkot Bandung harus terus mendorong ke­giatan seperti ini,” kata Oded.

Oded juga merasa bangga karena program Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dis­pangtan dalam BAM 2019 ini mendapat respon positif dari masyarakat. Dia mene­gaskan program berkebun di wilayah perkotaan membe­rikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan