Umbara Gulirkan Program Puasa Senin Kamis bagi ASN

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengajak seluruh ASN untuk terus meningkatkan program religi yang sudah dibangun selama ini, seperti pelaksanaan salat subuh berjamaah setiap Jumat dan salat dhuha bersama setiap Senin. Tak hanya itu, orang nomor satu di Bandung Barat itu juga mengajak ASN untuk melaksanakan puasa Senin dan Kamis secara bersama.

Menurut Umbara, program puasa Senin dan Kamis itu selain sebagai implementasi visi kepemimpinan dari Aa Umbara Sutisa-Hengki Kurniawan (AKUR), juga dilakukan agar para ASN bisa konsisten dan terbiasa melanjutkan ibadah sunnah setelah satu bulan melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadan.

”Saya harapkan ibadah puasa di bulan Ramadan kemarin bisa dilanjutkan dengan program puasa Senin dan Kamis secara bersamaan bagi seluruh ASN. Walaupun saya tahu sudah banyak juga ASN yang menjalankan program ini tapi lebih baik dilakukan secara bersamaan,” ujar Umbara di sela apel pagi pertama pascalibur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Lapangan Plasa Mekarsari Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, Senin (10/6).

Umbara menambahkan, selain memiliki hukum sunnah yang lebih dianjurkan, puasa Senin dan Kamis juga memiliki manfaat dan keutamaan yang cukup luar biasa. Bahkan, puasa ini lebih diunggulkan dibanding dengan jenis puasa sunnah lainnya.

”Dari yang saya pelajari dan ketahui, keunggulan puasa Senin dan Kamis tidak hanya sebatas dari sisi pahala ibadah saja, tetapu juga mencakup kehidupan duniawi meliputi masalah menjaga kesehatan badan dan lainnya,” katanya.

Dirinya mengajak para ASN untuk melaksanakan puasa Senin dan Kamis, semata-mata hanya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh ASN yang beragama Islam, terlebih dengan berpuasa salah satunya bisa melatih diri.

”Karena banyak sekali pahala dan kebaikan dari puasa sunnah ini. Dan saya akan selalu mengajak seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Bandung Barat. Harapannya ini bisa menjadi kebiasan yang baik untuk dilaksanakan ke depannya secara terbiasa,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan