UKPBJ Segera Lakukan Lelang

CIMAHI – Sedikitnya sem­bilan paket lelang tengah digulirkan Unit Kerja Penga­daan Barang dan Jasa (UKPBJ) Pemerintah Kota Cimahi. Dari jumlah tersebut tiga di­antaranya sudah beres dan enam masih dalam proses.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Seketariad Daerah Kota Cimahi, Ainul Yakin mengungkapkan, pro­ses lelang dilakukan setelah ada pengajuan dari Organi­sasi Perangkat Daerah (OPD).

”Dalam pelaksanaanya, ada skala prioritas yang harus dite­rapkan dinas. Yang bisa ditunda peker­jaan yang sifatnya tidak terlalu mendesak,” ungkap Ainul, di Komplek Perkan­toran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Rabu (8/5).

Menurutnya, kegia­tan pelelangan dilakukan di awal tahun. Hal itu dilakukan untuk mendukung kelancaran OPD. Beberapa yang telah dilelang adalah, tenaga keber­sihan RSUD Cibabat, peme­liharaan kendaraan sampah, marka jalan, tenaga kebersihan keamanan gedung DPRD Kota Cimahi dan lain-lain.

”Marka jalan harus segera di­kerjakan sebab dibutuhkan jelang lebaran. Sekitar tiga paket sele­sai dan enam lainnya dalam proses,” ujarnya.

Ainul juga mengakui, ada be­berapa paket pekerjaan seperti pengadaan penerangan jalan lingkungan yang gagal lelang.

”Dishub Kota Cimahi tidak mengajukan lagi namun akan dilakukan perubahan ke­giatan,” ucapnya.

Dia menuturkan, dalam waktu dekat, pihaknya juga bakal kembali melelangkan beberapa pekerjaan yang ang­garannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

”Ada edaran dari Kementrian Keuangan bahwa pekerjaan DAK kontrak kerja maksimal 30 Juni harus digelar sehingga Juli sudah bisa diserap ang­garannya. Transfer dibagi 4 tahap, tiap ta­hapan harus bisa kita serap sesuai target peker­jaan makanya jadi prioritas karena kalau tidak bisa meny­erap bisa di-cut,” tuturnya.

Dia menjelaskan, untuk pekerjaan yang menggunakan DAK diantaranya kegiatan fisik jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, rehab puskesmas di Dinas Kesehatan, kegiatan di Disdik Kota Cimahi, DPKP, Dinas Lingkungan Hidup, serta Di­nas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian.

”Pembangunan Mal Pelaya­nan Publik (MPP) juga segera dilelang. Ada beberapa paket yang berkaitan dengan MPP, seperti konsultan konstruksi, fisik, dan lain-lain,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan