Tunggu SK dari PDIP dan Demokrat

CIMAHI – Formasi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi belum ditetapkan. Hingga Jumat (30/8), Sekretariat DPRD Kota Cimahi baru menerima dua Surat Keputusan (SK) pimpinan.

Keduanya itu dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengutus Ahmad Zulkarnaen dan Partai Gerindra yang mengutus Bambang Purnomo. Sementara SK penunjukan unsur pimpinan DPRD Kota Cimahi dari PDIP dan Partai Demokrat belum diterima Setwan DPRD Kota Cimahi.

”Baru masuk PKS dan Gerindra. Yang belum PDIP dan Demokrat,” terang Sekretaris DPRD Kota Cimahi, Teddy Setiadi, melalui sambungan telepon, Minggu (1/9).

Dikatakannya, SK dari empat pemegang kursi pimpinan definitif DPRD Kota Cimahi itu nantinya akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memperoleh SK pembentukan pimpinan definitif.

”Pengajuannya sebulan dari sumpah (pelantikan Anggota DPRD Kota Cimahi),” jelas Teddy.

Untuk itu dia meminta empat partai politik yang berhak atas jatah kursi pimpinan DPRD Kota Cimahi segera segera menentukan unsur pimpinan definitif. Tujuannya, agar para wakil rakyat itu segera bekerja sesuai tugasnya.

Sebab, setelah adanya pimpinan definitif dari Ketua, Wakil Ketua hingga Ketua Komisi DPRD Kota Cimahi, para Anggota DPRD harus langsung membentuk unit kerja seperti Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus) serta alat kelengkapan dewan lainnya.

”Karena kalau itu belum terbentuk bisa-bisa nanti gak ada kegiatan. Karena gak ada (pimpinan DPRD) yang definitif,” ujar Teddy.

Dikatakannya, semakit cepat terbentuknya unsur pimpinan hingga berbagai alat kelengkapan dewan, maka mereka bisa langsung bekerja menyelesaikan pekerjaan yang sudah dianggarkan ditahun 2019. Seperti pembentukan maupun revisi Peraturan Daerah (Perda) hingga APBD perubahan 2019 dan APBD 2020.

”Makin cepat sekarang pimpinan definitif terbentuk, maka semakin cepat dia menyelesaikan PR (Pekerjaan Rumah) 2019. Masih ada agenda kegiatan yang belum tuntas,” tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Cimahi Aida Cakrawati mengaku belum menerima SK nama yang menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024 dari DPP Partai Demokrat.

”Belum, belum nyampe ke kita, kalau di pusat katanya sudah. Siapa-siapanya belum tau,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan