Tumbangkan Tim Nyonya Tua, Ajax Lolos Semi Final

JAKARTA – Ajax Amsterdam kembali membunuh raksasa di Liga Champions. Setelah Real Madrid, kini giliran Ju­ventus menjadi korban amu­kan anak-anak muda Ajax.

Dalam leg kedua perempat final di Allianz Stadium Turin, Rabu (17/4) dini hari WIB, Ajax yang bertamu me­nang 2-1.

Tim asuhan Erik ten Hag sempat tertinggal lebih da­hulu lewat gol sundulan Cristiano Ronaldo di menit ke-28.

Namun, Ajax tak patah arang, bangkit dan meny­amakan kedudukan lewat Donny van de Beek di menit ke-34.

Skor menjadi 1-1 dan agregat sementara dari dua leg menjadi 2-2 setelah di leg pertama di Amsterdam kedua tim ber­main imbang 1-1.

Di babak kedua, Ajax bukannya tampil tertekan, malah bermain lepas. Bek sekaligus kapten Ajax yang sedang diincar klub-klub raksasa Eropa, Matthijs de Ligt membuat publik tuan rumah terdiam.

Dia menciptakan gol sun­dulan pada menit ke-67. Angka di papan skor menjadi 1-2, Juventus tertinggal.

Agregat dua leg men­jadi 2-3, Ronaldo dkk tertinggal dan harus mencetak minimal dua gol lagi untuk melewati Ajax.

Itu tak terjadi. Hingga laga yang dipimpin wasit Cle­ment Turpin itu usai, tak ada lagi gol yang tercipta. Skor bertahan 1-2, Juventus kalah.

Ajax lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 3-2. Ini merupakan semifinal pertama Ajax di Liga Cham­pions sejak 1997.

Di semifinal, Ajax akan ke­temu pemenang Manchester City versus Tottenham Hotspur.

“Saya tidak bisa menggam­barkan seperti apa emosi kami saat ini. Sulit dipercaya bahwa kami bisa menunjuk­kan apa yang bisa kami la­kukan dengan baik,” kata De Ligt kepada BT Sport.

“Kami melakukannya me­lawan Bayern Muenchen (di penyisihan grup), Real Mad­rid (16 Besar) dan sekarang Juventus. Kami belum puas,” imbuh pemain berusia 19 tahun ini. (adk/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan