Tujuh Fraksi di DPRD Resmi Terbentuk

BANDUNG– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung menggelar rapat paripurna pada Senin (12/8).

Sidang yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Bandung Sementara, Yudi Cahyadi, dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi DPRD Kota Bandung. “Alhamdulillah fraksi-fraksi DPRD Kota Bandung telah terbentuk,” ujar Yudi, kemarin.

Adapun fraksi-fraksi yang baru terbentuk itu berjumlah tujuh fraksi. Yaitu, Fraksi PKS, Fraksi Gerindra, Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat dan PPP, dan terakhir Fraksi PSI dan PKB.

Setelah pembentukan fraksi-fraksi tersebut, agenda selanjutnya kata Yudi, yaitu akan dilaksanakan pembentukan tata tertib DPRD Kota Bandung. “Tadi (kemarin, red) setelah rapat paripurna kami mengundang fraksi-fraksi dan menyampaikan apakah tetap menggunakan tatib lama atau akan merevisi tatib itu. Kami masih menunggu hingga Kamis (15/8) ini. Jika enggak perlu direvisi, maka tetap menggunakan tatib lama,” terangnya.

Lebih jauh Yudi memaparkan, pihaknya sebagai pimpinan sementara DPRD Kota Bandung masih memiliki dua tugas penting lainnya yang harus dituntaskan. Yaitu bertugas memfasilitasi pembentukkan tatib DPRD Kota Bandung yang baru, dan akan memproses pengajuan nama-nama pimpinan DPRD Kota Bandung definitif.

“Kalau pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) nantinya dibentuk oleh pimpinan definitif,” sebutnya.

Disebutkan, terdapat empat partai yang berhak menduduki kursi pimpinan DPRD Kota Bandung. Yaitu dari PKS akan menduduki sebagai pimpinan ketua, Gerindra sebagai wakil pimpinan satu, PDIP menduduki wakil pimpinan kedua, dan Golkar menduduki posisi wakil pimpinan ketiga.

“Kami sudah menyampaikan surat kepada DPD tinggkat kota ke empat partai tersebut. Lalu kami tunggu nama-nama yang diajukan sebagai calon pimpinan DPRD definitif yang nantinya akan digelar paripurna lagi untuk ditetapkan,” katanya.

Pihaknya kata Yudi, menarget pembentukan pimpinan DPRD Kota Bandung definitif akan terlaksana paling lambat akhir Agustus bulan ini.

“Kami target akhir Agustus ini udah tuntas. Karena untuk pembentukan fraksi-fraksi saja sebenarnya punya waktu sebulan ke depan, namun kami bisa selesaikan hanya dalam waktu sepekan,” akunya.

Yudi menekankan, pihaknya sengaja bekerja lebih cepat supaya dapat menuntaskan agenda-agenda dewan selanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan