Trase LRT di Cimahi Belum Ada Perkembangan

CIMAHI – Pemkot Cimahi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menyebutkan, sampai saat ini belum ada perkembangan lanjutan mengenai legalitas trayek Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya yang melintasi Kota Cimahi.

Berdasarkan informasi terakhir, jalur LRT akan meliputi Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Sumedang. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi penanggungjawab proyek tersebut.

”Sampai sekarang finnalisasi legalnya belum ada,” kata Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Cimahi, Amy Pringgo Mardhani melalui sambungan telepon, Minggu (1/9).

Dalam unggahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tanggal 8 Juli 2019 @ridwankamil menyebutkan bahwa LRT Bandung Raya sudah diputuskan rutenya dan akan dimulai persiapan kontruksi.

Tahap satu menghubungkan Stasiun Kereta Cepat di Tegal Luar menuju pusat Kota Bandung di Stasiun Kebon Kawung. Dengan stasiun tambahan di depan Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage. Diharapkan selesai berbarengan dengan mulai diperasikannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung diakhir 2020 atau awal 2021.

Dikatakan Amy, secara keseluruhan rencana pembangunan LRT di Kota Cimahi sudah masuk dalam revisi Rencanan Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Cimahi. Termasuk juga traye Kereta Cepat Indonesia Jakarta-Bandung.

”Perencanaan kit masukin. Kereta cepat kan implementasi udah jalan, kalau LRT baru keinginan,” terang Ami.

Berdasarkan rencana, traye LRT yang ada di Kota Cimahi akan membentang sepanjang Jalan Amir Mahmud. Artinya, trase itu akan melewati Cibeureum, Cimahi Selatan sampai Padasuka, Cimahi Tengah.

”Kalau Cimahi itu sepanjang Amir Mahmud full,” ucap Amy.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Huzein Racmadi menambahkan, sampai saat ini belum ada pembahasan lanjutan kapan pembangunan LRT di Kota Cimahi akan dimulai.

”Belum sampai pembahasan kepastiannya kapan,” katanya.

Berdasarkan informasi terakhir, saat ini pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah melakukan pengukuran keakurasian jalur LRT.

”Sekarang ini sedang pengukuran keakurasian. Mudah-mudahan tidak lama lagi selesai untuk wilayah Cimahi,” pungkas (mg3/ziz).

 

KONTROL KONTRUKSI: Seorang petugas proyek LRT tampak sedang mengontrol hasil pembangunan rel sementara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan