Tol Listrik 275 kV Sepanjang 2834 kms di Sumatera Rampung, Suplai Listrik Makin Handal

JAKARTA – PLN telah menuntaskan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dikenal dengan Tol Listrik Sumatera, berupa Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kiloVolt (kV) yang menjadi back bone penyaluran energi listrik dari Sistem Sumatera Bagian Selatan menuju Sumatera Bagian Utara atau sebaliknya.

“Dengan adanya tol listrik sumatera 275 kV maka kehandalan listrik Sumatera akan semakin meningkat dan bisa menurunkan biaya pokok produksi listrik di Sumatera sebesar 60 Rp/kWh.

Tol Listrik 275 kV ini mampu mengevakuasi daya hingga 350 MW dari Sumsel yg kaya akan PLTU Mulut Tambang hingga ke Sumatera Utara” ujar Direktur Bisnis Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto

Tol listrik dinyatakan layak beroperasi setelah sebelumnya pada hari Sabtu, 29 Juni 2019 berhasil mendapatkan Rekomendasi Layak Bertegangan (RLB) pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV dan Tol Listrik Sumatera ini membentang disepanjang jalur Lahat – Lubuk Linggau – Bangko – Muara Bungo – Kiliranjao – Paya Kumbuh – Padang Sidempuan – Sarula – Simangkok – Galang – Binjai – Pangkalan Susu dengan panjang 2.834 kms.

Dengan terbitnya rekomendasi layak bertegangan ini menjadi tonggak sejarah baru Sistem Kelistrikan di Indonesia mengingat ini pertama kali SUTET 275 kV beroperasi dari Sumsel hingga ke Sumut yg nantinya juga akan berlanjut ke Aceh dan Lampung.

Manfaat dari Tol Listrik Sumatera ini adalah untuk mengevakuasi daya listrik murah yang dihasilkan oleh pembangkit mulut tambang di Sumatera Selatan menuju ke utara Sumatera yg nantinya akan menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik di Sumatera juga meningkat kan kehandalan karena sudah ter interkoneksi nya listrik dari Selatan hingga Utara Sumatera.

“Dengan adanya tol listrik ini biaya pokok penyediaan (BPP) akan lebih murah dan listrik Sumatera akan semakin handal, karena coveragenya mencakup seluruh pulau, sehingga kekhawatiran kekurangan pasokan listrik bisa teratasi.” imbuh Wiluyo.

Dengan listrik yg handal diharapkan dapat menarik investor sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri menengah dan besar disetiap provinsi , PLN selalu siap melayani kawasan – kawasan industri yang membutuhkan daya listrik yang besar sesuai lokasi yang ditetapkan oleh Pemda setempat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan