Tokoh Perempuan Berpolitik, Majukan Pembangunan

PANGALENGAN – Salah satu tokoh perempuan Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, memiliki harapan untuk lebih memajukan, mempertahankan prestasi dan meningkatkan semua pembangunan Desa.

Sulatri SE, memiliki niat dan tekad untuk meju dalam perhelatan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Marganukti pada Oktober 2019 mendatang.

“Dengan maju menjadi calon kades, saya ingin memberikan pengabdian dan mendorong suksesnya pembangunan Margamukti ke arah yang lebik,” kata Sulastri saat ditemui di rumah kediamannya di Margamukti, Kamis (25/7).

Menurut Sulastri, dengan memiliki niat untuk maju dalam perhelatan pilkades. Pihaknya ingin melanjutkan pembangunan dengan terwujudnya masyarakat Desa Margamukti yang sejahtera, dinamis dalam nuansa religius.

”Saya ingin menciptakan pemerintah Desa yang bersih, amanah dan transparan. Meningkatkan kesejahteraan sosial dan perekonomian masyarakat dengan program inovasi yang kreatif, dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat berbasiskan keimanan,” akunya.

Sulastri menjelaskan, desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah dan kewenangan dalam mengatur kepentingan berdasarkan asal usul dan adat istiadat. Oleh karena itu, dirinya terjun dalam ajang Pilkades untuk menerapkan inovasi dan program meningkatkan pembangunan desa kea rah yang lebih baik.

”Pemerintah Desa Margamukti mampu melaksanakan fungsi pemberdayaan (empowerment), fasilitator dan fungsi regulator sehingga mampu memberikan pelayanan optimal kepada seluruh masyarakat. Hal tersebut merupakan tantangan yang perlu dihadapi oleh Desa Margamukti lima tahun kedepan, saya berkomitmen dalam pengentasan kemiskinan secara bertahap,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sulastri mengatakan, Desa Margamukti merupakan daerah yang memiliki keanekaragaman sumberdaya alam yang secara kekayaan alam sebagai daya tarik daerah comparative advantage) yang terkelola secara optima. Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan, dianataranya Perkebunan Teh kina Kertamanah, PLTU wayang Windu project, Pemandian Air Cipanas Kertamanah dan air terjun curug panganten.

”Melalui program Bumdes, potensi Desa Margamukti dikembangkan. Hal itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendorong untuk pemberdayaan masyarakat sekitar,” katanya.

Dirinya menambahkan, sebagai tokoh perempuan, dirinya akan melanjutkan kiprah dengan masuk pada ajang politik pilkades. Hal itu, untuk melanjutkan pengabdian Kepala Desa terdahulu dengan mempertahankan semua capaian yang sudah diraih dan akan melanjutkan pembangunan di masyarakat yang belum di selesaikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan