Tingkatkan Kualitas Guru di Asia Tenggara

BANDUNG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa (P4TK TK dan PLB) menyelenggarakan kegiatan Training on Urban Agriculture for Special Education Teachers.

Kegiatan yang dilaksanakan di Bandung pada 30 September hingga 3 Oktober 2019 ini bertujuan meningkatkan kualitas guru pendidikan khusus di wilayah Asia Tenggara.

Pelatihan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari guru dan instruktur dari sembilan negara ASEAN, widyaiswara, dan guru Sekolah Luar Biasa dari beberapa provinsi di Indonesia.

Kepala P4TK TK dan PLB, Abu Khaer, mengatakan kegiatan pelatihan ini adalah kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Sekretariat Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO Secr), Biology Tropical (SEAMEO BIOTROP), Southeast Asian Ministers of Education Organization Open Learning Center (SEAMOLEC), dan Center for Development and Empowerment of Teachers and Education Personnel (CDETEP).

”Menyikapi kondisi sekarang, dengan urban agriculture dapat diterjemahkan sebagai pemanfaatan lahan yang sempit untuk bercocok tanam di daerah perkotaan,” ungkap Abu Khaer di kantor P4TK TK dan PLB ,baru-baru ini.

Kegiatan urban agriculture yang berarti bercocok tanam di lingkungan rumah perkotaan, merupakan konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan. Perbedaannya terletak pada pelaku dan media tanamnya. Bilamana pertanian konvensional lebih berorientasi pada hasil produksi, maka urban agriculture lebih pada karakter pelakunya yakni masyarakat perkotaan. Urban agriculture telah menjadi gaya hidup karena semakin tinggi kesadaran masyarakat urban untuk menjalani gaya hidup sehat.

Selanjutnya, Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Sri Renani Pantjastuti menjelaskan dengan adanya pelatihan urban agriculture untuk guru-guru pendidikan khusus akan sangat membantu bagi anak-anak didik yang berkebutuhan khusus untuk menambah keilmuan dan keahlian dalam bermasyarakat.

”Bagi anak-anak berkebutuhan khusus keahlian dalam urban agriculture bisa memperoleh penghasilan sehingga berkembang sejajar sebagaimana masyarakat pada umumnya” ungkap Sri Renani.

Sementara itu, Direktur SEAMEO BIOTROP, Irdika Mansur mengungkapkan bahwa pelatihan urban agriculture ini baik untuk peningkatan kualitas keilmuan bagi guru-guru pendidikan khusus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan