Tingkatkan Akhlak ASN Sepanjang Ramadan

SOREANG – Di hari per­tama puasa Bulan Ramadhan 1440 H, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di ling­kungan Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bandung mendapatkan tausiyah dari penceramah dalam ke­giatan Siraman Rohani (Si­roh).

Kegiatan yang rutin dilaks­anakan oleh Badan Kepe­gawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK­PSDM) Kabupaten Bandung tersebut, dihadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana, dan seluruh kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkab Bandung.

Dalam tausiyahnya, KH. MD. Ubaydillah menyam­paikan ramadhan merupa­kan bulan yang sangat di­nantikan oleh umat muslim yang beriman. Didalamnya begitu banyak kebaikan, keberkahan, bulan penuh kemuliaan dan ampunan. Sebab, Bulan ramadhan adalah kesempatan yang agung untuk bertaubat dan kembali kepada Alloh.

”Karena sesungguhnya manusia tidak luput dari salah dan dosa. Orang yang dermawan akan selalu dekat dengan Alloh, malaikat, ra­sulullah dan dekat pula dengan pintu syurga,” jelas­nya

Ubaydillah menjelaskan, perbanyaklah bangun tengah malam untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada Illahi. Orang yang berdoa di saat sholat tahajud, insy­aalloh akan di ijabah doanya. Hal lainnya, untuk bisa mendapatkan rezeki adalah perbanyak istigfar dan dzik­rullah.

”Nabi dalam sehari bisa 100 kali beristigfar dan itu dilakukan untuk umatnya. Sementara dengan berdzikir, dapat menjadi penyembuh kebingungan, kesusahan dan diistimewakan oleh Al­lah Subhanahuwa ta’ala,” tuturnya

Ia menambahkan, seba­liknya ada empat perkara atau kebiasaan yang bisa menyulitkan seseorang mendapatkan rezeki. Dian­taranya adalah tidur setelah sholat shubuh, pemalas, melalaikan sholat dan khi­anat. Ia berharap semoga seluruh ASN Kabupaten Bandung tetap menjaga amanah dalam melaksana­kan tugasnya sebagai abdi negara.

“Jangan pernah hianati rakyat. Mari kita pergunakan kesempatan di bulan yang suci ini untuk mendapatkan ampunan dan berlomba-lomba mencari pahala. Kita belum tentu bisa ber­temu lagi ramadhan di tahun depan. _Makana sing soson-soson ibadahna,” ajaknya pula.

Disela kegiatan, Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung, Wawan A. Ridwan, mengatakan siroh dilakukan dalam rangka pembinaan mental bagi para pegawai di lingkungan Pemkab Bandung. Pembinaan men­tal dalam hal ini, yakni berupaya untuk meningkat­kan keimanan dan ketaq­waan para ASN.

Tinggalkan Balasan