Tingkat Kehadiran ASN Diklaim Mencapai 95 %

NGAMPRAH– Tingkat ke­hadiran pada apel pagi per­tama seusai libur lebaran yang digelar di Plasa Mekarsari, Kompleks Pemkab Bandung Barat diklaim mencapai ang­ka 95 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Ke­pala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, Agus Maolana me­nyebutkan, pada hari per­tama masuk kerja dari total ASN yang wajib apel seba­nyak 2.911 orang, namun yang hadir hanya 2.601 orang. Jika dipersentasekan angka kehadiran itu sekitar 95% atau masih cukup baik karena masih di atas 2.500 orang.

Masih adanya yang belum hadir, sebut dia, dikarenakan berbagai alasan. Seperti yang mengajukan cuti dengan ala­san penting ada 17 orang, dinas luar 62, dan yang izin karena sakit 73 orang.

Sementara yang tidak hadir tanpa ada keterangan sama sekali sebanyak 158 orang dan itu didominasi oleh pegawai tidak tetap.

“Bagi yang tidak hadir tanpa alasan kuat, tentu ada sanksi sesuai dengan Permenpan RB Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna yang memimpin pelaksanaan apel pagi menga­kui jika belum semua ASN di lingkungan Pemda KBB hadir di hari pertama kerja ini.

Alasan kenapa mereka belum hadir nanti pasti tercatat di BKPSDM. Namun yang pasti hari ini seluruh ASN harus kembali ngantor dan aturan tersebut berlaku secara na­sional.

“Memang belum semua ASN masuk di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran. Kira-kira kalau dipresentasekan yang masuk tepat waktu hari ini sekitar 95%,” kata Umbara seusai apel. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan