Tiga Unit Maskara Dibagikan di Pangandaran

KAB. PANGANDARAN — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyerahkan tiga unit Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) untuk Desa Kalipucang, Desa Cimindi, dan Desa Pangandaran di lapangan Balai Desa Kalipucang, Minggu (1/12/19).

Pemberian kunci mobil diterima langsung oleh kepala desa tiga desa di Kabupaten Pangandaran itu. Desa Kalipucang dan Desa Pangandaran mendapat Maskara karena berstatus Desa Mandiri, sementara Desa Cimindi merupakan Desa Wisata.

Ridwan Kamil pun berharap ketiga desa tersebut bisa menjadi contoh terbaik dari pemanfaatan Maskara.

Sosok yang akrab disapa Emil ini pun lebih dulu menceritakan awal mula lahirnya Maskara sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar.

“Jadi saya dapat curhatan dari warga desa di medsos (media sosial), angkut orang sakit susah, angkut barang susah, ingin nonton film nggak ada, dangdutan sewa sound system,” ujar Emil.

“Pokoknya ini (Maskara) mobil segala bisa, kalau bisa empat fungsi tadi jadi 15. Untuk angkut jualan ke pasar, boleh. Jadi saya ingin mendapat cerita, mobil ini dimanfaatkan. Saya ingin membuktikan, uang rakyat kembali ke rakyat,” tambahnya.

Terakhir, Emil berharap pemberian Maskara kepada desa-desa terpilih se-Jabar mampu menjadi stimulan agar desa-desa lain terpacu untuk naik kelas.

“Jadi kalau mandiri, diberi fasilitas seperti ini (Maskara). Ini inovasi Pemda Provinsi Jabar,” ucap Emil.

Menurut Kepala DPM-Desa Dedi Supandi, tahun ini Pemda Provinsi Jabar memberikan 126 unit Maskara kepada 126 desa se-Jabar antara lain Bekasi, Indramayu, hingga Ciamis.

Maskara diberikan kepada desa-desa terbaik mulai dari Desa Mandiri, Desa Inovatif, Desa Wisata, hingga pemenang lomba desa.

“Tahun ini 126 (Maskara) diberikan di Jabar, Kabupaten Pangandaran tahun ini dapat tiga. Pada kesempatan kali ini, Bapak Gubernur menyerahkan operasional maskara kepada tiga desa ini,” kata Dedi dalam sambutannya.

Hadir dalam launching Maskara di Desa Kalipucang, Cimindi, dan Pangandaran adalah Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Dia berharap, tahun depan akan lebih banyak lagi desa di wilayahnya yang mendapat Maskara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan