Tarka RW 11 Berkreasi dengan Sampah

RANCAEKEK –  Karangtaruna Babakan Asta RW 11 Desa Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek melakukan inovasi dalam penanganan sampah.

Ketua Karang Taruna RW 11 Pandi Mulyana mengatakan, untuk menangani masalah sampah pihaknya bersama anggota lainnya sudah mendirikan bank sampah di Kampung Babakan Asta RW 11.

“Jadi ketika saya terpilih jadi ketua karang taruna saya mengajak kepada seluruh anggota agar melakukan perubahan terhadap lingkungan serta merubah gaya hidup,” jelas Pandi ketika ditemui kemarin. (30/1).

Dia menuturkan, kebiasaan generasi muda di desa setiap harinya tidak banyak beraktifitas. Mereka biasanya menghabiskan waktunya dengan kurang bermanfaat. Bahkan, tidak sedikit yang kecanduan miras dan narkoba.

Melihat kondisi ini, Pendi bertekad agar kebiasaan buruk tersebut harus dirubah dengan cara melakukan inovasi berupa kegiatan positif dan memiliki nilai tambah.

’’Saya bersama-sama menciptakan Sumber daya manusia yang bermanfaat dan berinovasi, kreatif serta dinamis, demi terwujudnya satu daerah atau lingkungan yang bersih berseri serta enak dipandang,” kata dia.

Dia mengajak, untuk memanfaatkan mempunyai nilai, salah satunya kita gunakan sebagai wadah untuk tanaman, dibuat kerajinan berupa barongsai yang terbuat dari berbagai macam sampah yang seperti halnya kertas semen, kardus, botol plastik.

Pandi menuturkan, untuk sampah organik pihaknya melakukan pengelolaan dengan cara dibakar dan abunya dibuat pupuk tanaman. Sedangkan, untuk sampah plastik dan kertas biasanya dijual dan hasilnya untuk mengisi uang kas karang taruna.

’’Sampai hasil pertanian seperti cabe, tomat, dan buah strawberry kita buat pupuk organik,”kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Rancaekek Wetan H. Eman Sulaeman, SH menuturkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna RW 11.

“Saya merasa bangga atas apa yang sudah dilakukan oleh karang taruna terkait Bank Sampah yang sekarang sudah berjalan hampir satu tahun,”kata dia.

Emen menambahkan, ke depannya kreativitas dan inovasi dapat membawa harum nama baik desa serta bisa menjadi inspirasi untuk RW lain khususnya di Desa Rancaekek (mg5/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan