Targetkan Peningkatan Kualitas SDM Melalui Murenbang 2020

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung menargetkan pada 2020 mendatang bisa meningkatkan kaulitas Sumber daya manusia (SDM). Dengan mengembangkan program sabilulungan raksa desa dan bandung seribu kampung, diyakini menjadi langkah utama.

Hal itu disampaikan Bupati Bandung Dadang M. Naser saat membuka kegiatan musrenbang tahun 2019 tingkat kabupaten. Menurutnya, pihaknya sudah mengerahkan jajaran oganisasi perangkat daerah (OPD), memperkuat pembangunan di bidang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pembangunan kualitas SDM harus terus diperkuat, Ini untuk melindungi kearifan lokal yang kita miliki,” kata Dadang saat ditemui disela sela murenbang di gedung mohamad toha di Soreang belum lama ini.

Dadang menjelaskan, data badan pusat statistik (BPS) pada tahun 2017 jumlah penduduk Kabupaten Bandung mencapai 3,6 juta jiwa, dan bertambah menjadi 3,7 juta pada tahun 2018. Namun dari sisi pertumbuhan penduduk mengalami penurunan menjadi 1,63%.

“Pertambahan ini disebabkan adanya urban, perpindahan penduduk yang luar biasa ke Kabupaten Bandung. Ini sedang terjadi dan sulit dihindari, karena luas wilayah masih memungkinkan untuk perumahan baru. Jadi banyak pendatang untuk mencari kerja,” tuturnya

Dia mengatakan, untuk angka kemiskinan dan pengangguran mengalami perbaikan dari sisi persentasenya. Di beberapa indikator makro sudah meningkat dan melaju dengan baik di atas rata-rata Jawa Barat maupun Nasional.

“Angka kemiskinan kita turun dari 7% menjadi 6%, angka pengangguran juga turun. Tapi masih terdapat kesenjangan di tataran mikro. Meskipun tidak nganggur tapi banyak yang penghasilannya masih di bawah UMR. Akan terus didorong melalui pelatihan-pelatihan kewirausahaan,” kata Dadang.

Dirinya mengatakan, kegiatan tersebut, merupakan Renjana Kerja (Renja) dan Rencana Strategis (Renstra) untuk tahun 2020. Maka, sebelum digelar pihaknya melakukan dengar pendapat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung.

”Musrenbang ini merupakan lanjutan dan perlu dilakukan, karena khawatir ada hal strategis yang belum terakomodir. Ini kelima kalinya dilakukan pada periode kedua saya menjabat sebagai bupati. Tema sentral Musrenbang hari ini adalah maju, mandiri dan berdaya saing,” akunya

Dirinya menyebut peningkatan kualitas SDM, pembangunan infrastruktur dasar, pembangunan bidang lingkungan, penguatan pangan dan pemberdayaan ekonomi. Kelima hal itu, masih menjadi prioritas arah kebijakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan