Target Rekapitulasi PPK Melenceng

CIMAHI – Rekapitulasi pe­rolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPK) di Kota Cimahi terancam melenceng dari target dan tahapan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Semula, tahapan rekapitu­lasi suara di tingkat PPK di­jadwalkan harus tuntas 4 Mei 2019. Tapi sampai Jumat (3/5), proses rekap baru selesai di PPK Cimahi Utara. Semen­tara Cimahi Tengah dan Se­latan masih berlangsung.

Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman mengata­kan, khusus untuk PPK Cimahi Utara hasilnya sudah diple­nokan. Sementara untuk PPK Cimahi Tengah baru penyera­han salinan form DA-1, dan akan diplenokan besok.

”Kalau PPK Cimahi Selatan masih proses rekapitulasi. Mungkin akan lewat tanggal 4 Mei,” kata Irman saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Ci­mahi, Jalan Pesantren, Jumat (3/5).

Menurut Irman, proses rek­paitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) di Cimahi Selatan baru men­capai 80 persen, dari total 639 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah tersebut. PPK Cimahi Selatan merupakan wilayah dengan TPS paling banyak di Kota Cimahi, di­bandingkan dengan PPK Ci­mahi Utara yang hanya 453 TPS dan PPK Cimahi tengan dengan 480 TPS.

”Kondisi selatan berbeda dengan wilayah lain. Rekap sekitar 20 persen lagi,” ujarnya.

Ada sejumlah alibi yang diucapkan Irman seputar terlambatnya proses rekapi­tulasi suara Pemilu 2019 di Kota Cimahi. Menurutnya, kendala itu lebih banyak pada masalah teknis ketika proses rekapitulasi suara.

Di antaranya, proses pemba­caan form C1 per TPS dilakukan dengan transparan, penuh hati-hati setiap terjadi masalah perbedaan hasil. Sebab masa­lah itu harus tuntas saat itu, akhirnya harus ada proses pencocokan antara hasil para saksi dengan Panwascam.

”Misal buka C1 plano dan hitung ulang hasil. Itu kan menyita waktu,” bebernya.

Kendala lainnya adalah, kondisi petugas PPK dan Pa­nitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah menurut stami­nanya. Sebab mereka harus merekap suara pagi hingga malam. Apalagi jika melihat TPS di PPK Cimahi Selatan yang cukup banyak.

”Kita tidak bisa paksakan kalau staminanya sudah menurun,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan