Tanamkan Budaya Membaca Jadi Tugas Bersama

CIMAHI – Gerakan budaya membaca merupakan tugas semua masyarakat dan pe­merintah mulai dari tinggkat kelurahan, kecamatan hing­ga tingkat kota.

Hal tersebut dikatakan, Wali Kota Cimahi, Ajay Mu­hamad Priatana dalam sam­butannya saat menghadiri acara pemgukuhan, Bunda literasi dan Bunda PAUD ke­lurahan dan kecamatan se-Kota Cimahi, di Gedung A Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Har­djakusuma, Selasa (19/3).

Menurut Ajay, meningkatkan budaya baca tidak dapat dila­kukan seperti membalikan telapak tangan. Namun dip­erlukan proses yang panjang dengan penuh tantangan. Terlebih, saat ini generasi milenial lebih akrab dengan gadget dan teknologi.

”Ini akan menjadi tantangan terbesar kita. Bagaimana agar kita semua tetap bisa terus membudayakan membaca,” ujarnya.

Ajay menjelaskan, gerakan literasi secara esensi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, literasai dapat memberikan pilihan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Dengan mem­baca masyarakat akan lebih memahami, sehingga dapat mangaplikasikannya dike­hidupan sehari-hari.

”Dengan pengukuhan ini saya berharap peningkatan budaya baca dimasyarakar akan ter­laksana lebih cepat,” jelasnya.

Karena ibu-ibu lebih dekat dengan masyarakat, lanjutnya, maka ibu-ibu akan lebih tahu kebutuhan dan perkembangan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Selain itu, ibu juga secara naluri mempu­nyai banyak inovasi dalam kehidupan sehari-hari.

”Kemampuan inilah yang bisa menjadi kelebihan seka­ligus pelengkap dalam mengemban amanah sebagai bunda literasi,” tandasnya.

Sementara itu, Bunda Lite­rasi Kota Cimahi, Lucyani Priatna mengungkapakan, literasi adalah suatu kemam­puan seseorang untuk meng­gunakan potensi dan keteram­pilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas mem­baca dan menulis.

”Istilah literasi berasal dari bahasa latin ‘literatus’ yang ar­tinya adalah orang yang belajar. Jadi kita semua adalah para li­teratus, karena setiap diri kita senantiasa belajar hingga akhir hayat kita nanti,” ungkap Lu­cyani yang juga sebagai istri Wali Kot Cimahi terebut.

Menurutnya, bunda literasi adalah bunda-bunda pem­belajar, yang senantiasa belajar dan mengajar untuk meraih kebajikan hidup serta meny­ebarkan kasih dan sayang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan