Tabrak Nakagami di Assen, Rossi Akui Bersalah

ASSEN – Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi mengalami nasib sial di MotoGP Belanda di sirkuit Aseen, Minggu (30/6). Rossi terlibat crash dengan pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami. Merasa bersalah, Rossi langsung menghampiri pembalap asal Jepang itu untuk meminta maaf.

Rossi gagal finis setelah terjatuh di Tikungan 8 lap ke-5. Parahnya, Rossi yang terjatuh usai kehilangan kendali menghantam Takaaki Nakagami hingga membuatnya juga terseret dalam kecelakaan tersebut.

Tabrakan antara Valentino Rossi dan Takaaki Nakagami itu berlangsung dalam kecepatan tinggi, lantaran saat itu Rossi berusaha menyalip Nakagami jelang memasuki tikungan. Rossi langsung berdiri dan menghampiri Nakagami yang masih terbaring di kerikil. Pembalap asal Jepang itu akhirnya mampu bangkit dengan bantuan marshall. Rossi bersyukur karena Nakagami tak mengalami cedera serius.

Masalahnya adalah saya mencoba menyalip Nakagami saat memasuki tikungan delapan. Tapi mungkin saya terlalu keluar dari racing line karena saat itu kehilangan kontrol ban depan sehingga menabrak Nakagami, ungkap Valentino Rossi seperti dikutip dari Crash.

Saya minta maaf karena itu murni kesalahan saya. Sebuah kecelakaan yang cukup hebat, untungnya saya baik-baik saja. Yang terpenting adalah saya tahu Taka juga baik-baik saja, tandas pebalap berusia 40 tahun tersebut.

Kecelakaan tersebut sekaligus menjadi kegagalan finis ketiga secara beruntun bagi Valentino Rossi. Sebelumnya, ia gagal menyelesaikan balapan di MotoGP Italia karena terjatuh, serta tertabrak Jorge Lorenzodi Catalunya.

Akhir pekan Rossi di Sirkuit Assen memang berjalan kurang apik sejak awal sesi latihan. Kegagalan berlanjut ke babak kualifikasi kedua dan membuat dia hanya start di posisi ke-14. Sebaliknya rekan setimnya, Maverick Vinales justru meraih grid kedua dan akhirnya keluar sebagai juara.

Ketika balapan, kesulitan Rossi kian bertambah. Saat tengah berusaha memperbaiki posisinya, ia bertarung memperebutkan posisi 10 besar dengan Nakagami. Namun The Doctor kehilangan cengkraman ban depan dan tersungkur di tikungan 8 pada lap ke-5. Insiden itu juga menyeret Nakagami yang turut terhantam motor Rossi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan