Stadion Sangkuriang Penuh Kubangan

CIMAHI – Hujan yang terus mengguyur di Kota Cimahi menjadikan Stadion Sangkuriang seperti kubangan air. Kondisi itu semakin memperlihatkan betapa memprihatinkannya stadion yang terletak di Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi itu.

Stadion yang diresmikan pada 28 Agustus 1974 itu memang sejak lama tidak mendapatkan sentuhan perawatan apalagi perbaikan dari pengelola maupun pemerintah setempat. Akibatnya, kondisinya malah semakin terlihat lapuk dan berkarat.

Pada bagian depan dari mulai dinding, di beberapa sudut sudah terlihat roboh. Bagian pintu utama dan loket pembelian tiket pun sudab lapuk dan berkarat. Bahkan di beberapa sudut, terlihat tumpukan sampah yang dibuang oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Masuk ke area stadion, semua bagian tribun hampir dipenuhi oleh rumput-rumput hijau yang samak sekali tidak pernah dipotong. Sedangkan area lapangan utamanya bak kubangan yang dipenuhi air ketika hujan turun.

Meski tidak terawat, stadion yang pernah jadi home base klub Persikab itu masih dimanfaatkan warga dan pelajar untuk berolahraga meski kondisi lapangannya sangat membahayakan.

”Iya sayang aja sih lihatnya sekarang makin gak ke urus. Terus sebelah sana itu ada banyak sampah,” ujar Whisnu (29) salah seorang warga yang berada di sekitar Stadion Sangkuriang, Senin (16/12).

Sejak empat tahun terakhir, sebenarnya Pemkot Cimahi sudah mencoba menganggarkan untuk merevitalisasi Stadion Sangkuriang. Bahkan, kajian Detail Engineering Design (DED) sudah dilakukan dengan angka yang menyentuh Rp 300 miliar.

Rencana terbaru, Pemkot Cimahi akan merevitalisasi total stadion tersebut tahun depan namun dipastikan batal. Sebab, bantuan anggaran yang tadinya diharapkan bisa datang dari Pemprov Jabar tidak disetujui untuk tahun 2020.

”Saya juga udah baca, katanya batal diperbaiki tahun depan. Harapan saya sih minimal ada perawatan dulu biar bersih. Kalau keinginan mah yah diperbaiki total,” kata Whisnu.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Cimahi, Budi Raharja mengatakan, anggaran revitalisasi Stadion Sangkuriang harus mendapat sokongan bantuan. Sebab diakuinya anggaran yang dimiliki Pemkot Cimahi tidak akan cukup menyelesaikan perbaikan dalam waktu dekat.

”Untuk revitalisasi Stadion Sangkuriang belum mendapat bantuan. Diupayakan sudah, kami akan coba lagi ajukan di 2021,” ujarnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (16/12).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan