SPP SMA/SMK Dinilai Memberatkan Orang Tua

BANDUNG – Keberadaan Sumbangan Pembinaan dan Pendidikan yang diterapkan di sekolah SMA/SMK rencananya akan dihapuskan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, pihaknya saat ini sedang mematangkan rencana menggratiskan biaya SPP.

“Jadi tadi sudah dibahas, Insya Allah tahun depan jika tidak ada halangan SPP untuk tingkatan SMA dan SMK gratis” katanya di gedung sate Bandung, selasa (18/6).

Emil menjelaskan, pihaknya akan membahas rencana tersebut bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar. Nantinya akan dilakukan penghematan anggaran hasil penghematan akan dialokasikan untuk mensubsidi biaya pendidikan.

“Kalau DPRD menyetujui rencana penghematan-penghematan sehingga hasil penghematannya bisa kita alokasikan untuk SPP SMA/SMK negeri dan swasta untuk yang tidak mampu,” jelasnya.

Disinggung terkait sektor yang akan dilakuan penghematan, emil belum bisa menjelaskan secara detail dan baru bisa memperkirakan penghematan mencapai Rp. 2 triliun.

“Sekitar hampir 2 triliun, makanya berat gak mudah,” kata dia.

Menaggapi hal tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari menyebut baru akan melakukan pembahasan rencana tersebut selesai Musrenbang. Namun, DPRD Jabar pada prinsipnya mendukung kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

Ineu menilai permasalahan mendasar seperti pendidikan dan kesehatan sampai saat ini menjadi perhatian masyarakat, khususnya di Jawa Barat. Sehingga, rencana sekolah gratis bagi masyarakat tersebut dinilai bagus.

“Tapi kami akan melihat kemampuan keuangan daerah yang ada di Jawa Barat. Kita akan melihat struktur APBD karena secara undang-undang kita sudah punya previlage buat pendidikan 20 persen,” ujarnya.

Dia mengatakan, ini harus benar-benar dihitung. Jumlah sekolah di jawa barat cukup banyak. Bukan soal biaya sekolah gratis saja, tapi penunjang proses belajar pembelajar di sekolah harus tepat menjadi perhatian.

“bukan hanya sekolah gratis, tapi sarana prasarana sekolah yang menjadi kewenangan provinsi itu juga harus menjadi perhatian,” tambahnya.

Ia pun mambahkan pihaknya akan membahas secara mendalam soal rencana tersebut. Diharapkan, SPP gratis bagi SMA/SMK di Jawa Barat bisa terealisasi.

“semoga apa yang menjadi kebutuhan ini bisa sesuai karena itu harus dihitung secara detail,” tambahnya. (mg4/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan