Situ Ciburuy Surut, Perekonomian Warga Lumpuh

NGAMPRAH– Kondisi Situ Ciburuy yang saat ini masih surut berdampak pada perekonomian warga lumpuh. Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, menyebut, bahwa Pemkab Bandung Barat tidak bisa berbuat banyak untuk mengembalikan volume air Situ Ciburuy.

Menurut Hengki, persolan mengiringnya Situ Ciburuy lantaran faktor alam yakni musim kemarau yang terhitung cukup panjang, sehingga pihaknya meminta agar masyarakat tetap berdoa agar musim hujan bisa segera turun.

“Karena ini kaitannya dengan alam, kita juga tidak bisa gimana-gimana selain berdoa mudah mudahan segera diturunkan hujan agar air segera kembali banyak,” ujarnya.

Untuk mengembalikan ekonomi warga yang saat ini lumpuh pasca keringnya Situ Ciburuy, Hengki berharap Pemprov Jabar segera merampungkan revitalisasi objek wisata tersebut.

Hal tersebut, kata Hengki, dikarenakan situ Ciburuy merupakan aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang direncanakan dibangun ulang dengan gaya desain modern berkonsep seperti di Bangkok.

“Ada wisata kuliner malam di pinggir danau yang dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Kita bisa buat seperti itu mudah mudahan. Tapi nunggu ini dibenahi dulu oleh Provinsi,” katanya.

Hal senada dikatakan Supriatna,47, pedagang di sekitar Situ Ciburuy.

Ia berharap danau tersebut segera kembali terisi air agar banyak wisatawan yang datang seperti biasanya. “Kalau airnya mengering sudah terjadi sejak musim kemarau saja, jadi wisatawan juga sudah jarang yang datang ke sini,” katanya.

Dengan berkurangnya wisatawan yang datang ke tempat wisata tersebut, kata dia, membuat penghasilan para pedagang dan penyewa perahu menurun drastis.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang datang ke lokasi merasa prihatin dengan kondisi objek wisata Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang yang surut tersebut. Mengeringnya air Situ Ciburuy membuat sejumlah pedagang dan pengusaha sewa perahu tidak mendapatkan penghasilan karena obyek wisata tersebut saat ini bagian tengah yang dulu tergenang air kini bisa digunakan untuk berjalan kaki, bahkan bermain bola.

Sejumlah perahu yang biasa disewakan ke wisatawan untuk berkeliling situ hanya terdampar di tepian situ karena sudah tidak ada lagi wisatawan yang ingin menyewa perahu untuk berkeliling Situ Ciburuy.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan