Sirkuit Mandalika Dijamin Aman

JAKARTA – Rencana mewujudkan MotoGP Indonesia kian mendekati kenyataan. Kali ini Dorna selaku penyelenggara kompetisi memberi jaminan aman terhadap Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya banyak yang meragukan rencana pembangunan sirkuit ini. Sebab lintasan berada di tengah jalan raya dan dekat dengan keramaian.

Publik khawatir akan keselamatan para pembalap. Pasalnya sirkuit jalan raya tidak memiliki lebar yang besar untuk memperlambat laju motor. Hal ini bisa dilihat pada Sirkuit Monaco yang digunakan untuk kompetisi Formula 1.

Namun kecemasan itu coba diredakan oleh Mark Hughes, Konsultan MRK1 yang berkecimpung dalam pengembangan sirkuit. Ia menjamin Sirkuit Mandalika sesuai dengan standar dari MotoGP.

“Kami sangat sadar ketika membicarakan proyek ini. Banyak alasan yang skeptis terhadap konsep dari Sirkuit Mandalika. Kami perjelas bahwa lintasan telah didesain dan akan dibangun sesuai standar keselamatan FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) untuk MotoGP, ” ucapnya dikutip dari Crash.

Hal senada juga diungkapkan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Dia yakin pembangunan sirkuit sudah diperhitungkan secara matang.

“Kami selalu berkata bahwa tidak akan balapan di sirkuit jalan raya. Tetapi tempat ini memiliki seluruh fasilitas, berada di tengah kota dan seluruh hotel akan berada dekat. Namun juga memiliki pengamanan penuh untuk para pembalap,” tuturnya.

Dengan demikian potensi kecelakaan besar dapat dihindari. Jika berjalan sesuai rencana, Sirkuit Mandalika bisa digunakan pada 2021 mendatang.

Pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi proyek paling ambisius yang dilakukan pemerintah Indonesia. Proyek yang ditargetkan rampung pada 2020 ini akan membuat Indonesia menjadi salah satu tuan rumah di kompetisi MotoGP.

Bahkan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menyebut pembangunan sirkuit mandalika menjadi proyek spesial dalam sejarah MotoGP. Sebab menurutnya, pemilihan tempat di Mandalika, Lombok sangatlah strategis untuk menarik para penonton.

“Saya telah berada di sini (Mandalika) sebelum Grand Prix Malaysia di tahun kemarin, dan tempat ini sangatlah mengagumkan. Bagi kami, ini merupakan langkah penting bagi masa depan MotoGP,” ucapnya dikutip dari Crash.

Ezpeleta menambahkan bahwa dirinya yakin, balapan di sirkuit ini akan dihadiri banyak penonton. Terlebih lagi fans MotoGP di Indonesia sangatlah luar biasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan