Sinergitas dan Kreativitas ISBI Bandung Bagi Masyarakat di Peringatan Dies Natalis ke 51

BANDUNG – Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung pada memasuki usia 51 tahun. Pada peringatan Dies Natalis tahun ini, ISBI Bandung mengangkat tema “Sinergitas dan Kreativitas ISBI Bandung bagi Masyarakat”.

Tema tersebut menjadi pemicu semangat agar ISBI Bandung ke depan bisa terus meningkatkan sinergi dan kreativitas bagi masyarakat banyak. Selain itu, melalui tema tersebut juga diharapkan munculnya kreativitas yang bersinergi dengan keadaan masa kini, namun tidak meninggalkan seni budaya tradisi.

Dalam peringatan ini ISBI bakal menggelar berbagai kegiatan. Acaranya sendiri akan diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada 5,7 dan 8 Oktober 2019, bertempat di ISBI Bandung, Jalan Buahbatu No. 212, Bandung.

Rangkaian acara Dies Natalis 51 tahun ISBI Bandung dimulai pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019, dengan acara Sidang Terbuka Senat ISBI Bandung. Dalam acara tersebut akan ada Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Syarif Bastaman, S.H., M.B.A. serta Peluncuran Buku Pemajuan Kebudayaan.

Sebagai bentuk kepedulian dan sinergitas ISBI Bandung kepada masyarakat, dalam peringatan Dies Natalis tahun ini diselenggarakan kegiatan sosial berupa sunatan massal yang kemudian diarak dengan Helaran Sisingaan.

Dimeriahkan juga dengan lomba menggambar bagi tingkat TK & SD se-Bandung Raya, pertunjukan Pencak Silat dengan aksi 500 Pendekar Pencak Silat upaya Pencak Silat Indonesia diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Bangsa.

Sebagai penutup pada hari pertama, kolaborasi musik dari lima Negara, bioskop keliling dan pertunjukan Wayang Golek dengan Lakon “Kumbakarna Gugur” dari Ki Dalang Adhi Konthe Kosasih Sunarya Putu Giri Harja 2.

Pada tanggal 7 dan 8 Oktober 2019, akan digelar acara Bandung Dance Festival (BDF) dengan rangkaian acara Talkshow “Geliat Tari di Bumi Tradisi”, Workshop Ketubuhan dengan Dr. Tony Supartono, M.Sn. dan Moch. Wail Irsyad, S.Sn. Dilanjutkan dengan Pertunjukan Karya Tari dari 27 Komunitas dan acara Prosesi Simbolik Purna Bakti ISBI Bandung.

Sebagai rangkaian Dies Natalis Ke-51 tahun, Festival Film Budaya Nusantara (FFBN) 2019 yang merupakan kerjasama antara Prodi TV dan Film Fakultas Budaya dan Media dengan Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) Kemdikbud akan menggelar hasil restorasi film “Bintang Ketjil” dan “Tiga Dara” pada tanggal 8 dan 9 Oktober 2019 di CGV Metro Indah Mall. Workshop sinema, pemutaran karya-karya film peserta FFBN 2019 dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Oktober 2019 dan yang telah lolos seleksi akan diberi penganugerahan pada malam puncak tanggal 19 Oktober 2019.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan