Siapkan Seribu Paket Makan Sahur

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat menyiapkan lebih dari 1.000 paket makan sahur untuk kegiatan Sahur Bersama di Masjid As-Shiddiq di Kompleks Pemkab Bandung Barat setiap Jumat selama Ramadan 1440 H. Tak hanya bagi para aparatur sipil negara, kegiatan ini juga diperuntukkan bagi masyarakat sekitar.

”Untuk sahur bersama ini, baru digelar pada Ramadan tahun ini. Jemaah bisa datang sejak pukul 2 dini hari, makanan sahur sudah siap,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat pada Sekretariat Daerah KBB, Asep Hidayatulloh, Senin (6/5).

Asep menjelaskan, kegiatan sahur bersama ini digelar setiap Jumat mulai 10 Mei 2019 selama Ramadan. Seusai sahur, kegiatan dilanjutkan dengan salat Subuh berjemaah yang sudah rutin dijalani para ASN.

Selain sahur bersama, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat juga menggelar kegiatan Tarawih keliling dan buka bersama. Berbagai kegiatan ini wajib diikuti oleh para aparatur sipil negara yang beragama Islam, khususnya bagi laki-laki.

”Kegiatannya untuk 2 kecamatan dipusatkan di 1 kecamatan. Seperti pada Rabu (8/5/2019) nanti, itu di Masjid Besar Kec Rongga untuk masyarakat di Kecamatan Rongga dan Gunughalu,” katanya.

Kegiatan tersebut juga akan diisi oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sebagai penceramah menjelang berbuka puasa. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan salat Tarawih bersama seusai salat Isya berjemaah.

Asep mengungkapkan, kegiatan ibadah selama bulan Ramadan wajib diikuti oleh para ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Mereka diminta datang sebelum pelaksanaan kegiatan dimulai.

”Kegiatan ini rutin digelar setiap bulan Ramadan. Selain untuk memakmurkan masjid-masjid selama Ramadan, berbagai kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat Bandung Barat yang religus, yang merupakan salah satu visi pemerintah daerah,” tuturnya.

Asep menambahkan, di Bandung Barat saat ini ada ribuan masjid dan pesantren. Beberapa di antaranya merupakan pesantren besar, seperti pesantren Darul Falah, Arafah, Albidayah, Al Islamiyah, Sumur Bandung dan Pesantren Citiis. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan