Siapkan Rp 25 Miliar untuk Embung di Pasirkaliki

CIMAHI – Dalam upaya mengentaskan banjir yang kerap terjadi disaat musim hujan. Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi kembali mewacanakan pembuatan embung (tempat penampungan air).

Rencananya embung tersebut akan dibangun di RW 03 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhamad Nur Kuswandana mengungkapkan, pembuatan embung di Pasirkaliki sebagai upaya pengentasan banjir mulai dari hulu. Sehingga saat terjadi hujan lebat air yang mengalir ke hilir tidak akan terlalu deras karena sebelumnya sudah tertampung di embung tersebut.

“Nantinya aliran air yang mengalir ke hilir seperti Melong tak terlalu melimpah. Kita akan benahi mulai dari hulu, di Pasirkaliki. Kita coba bangun embung di sana,” kata Muhamad Nur, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Senin (28/1).

Nur mengaku, untuk 2019 ini pihaknya, pihaknya akan memulai dengan pembebasan lahan yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun anggaran 2019.

“Kita sediakan anggaran sebesar Rp 10 miliar (pembebasan lahan). Kemudian 2020 dilanjutkan dengan pembangunan fisik anggarannya sekitar Rp 15 miliar,” tandasnya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan