Serap Aspirasi Masyarakat, Dede Yusuf Gelar Rapat Dengar Pendapat

PANGALENGAN – Untuk menampung aspirasi serta keinginan masyarakat secara langsung, anggota MPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menggelar rapat dengar pendapat bersama ratusan warga Pangalengan Kabupaten Bandung, Minggu (3/2) lalu.

Menurutnya, menampung aspirasi dan keinginan masyarakat, lalu diperjuangkan agar terealisasi merupakan kewajiban semua anggota DPR/MPR dan DPD RI. Sebab, kami merupakan perwakilan masyarakat setiap daerah pemilihan untuk menyampaikan aspirasi dalam pembahasan program di parlemen.

”Memang sudah kewajiban mendengar pendapat, menampung aspirasi dan memperjuangkan masyarakat yang saya wakili dari dapil pemilihannya,” Kata Dede saat ditemui di rumah Aspirasi Rancage di Baleendah Kabupaten Bandung, Jumat (22/2).

Dede menjelaskan, pada sangat menggelar rapat dengar pendapat dengan warga Desa Sukamanah Kecamatan Pangalengan. Dirinya mengusung tema ”serap aspirasi dan beri solusi untuk rakyat”, tujuan kegiatan tersebut, untuk lebih meningkatkan jalinan komunikasi bersama masyarakat yang memberi amanah untuk wakilnya.

”Saya sebagai wakil mereka, untuk menyampaikan aspirasi di DPR RI. Jadi, saya harus mendengarkan aspirasi dan pendapatnya agar bisa disampai dalam rapat pembahasan di komisi,” kata Dede.

Dia mengatakan, dengan menggelar kegiatan dengar pendapat tersebut, agar lebih memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya membangun komunikasi antara warga dengan wakilnya dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

”Agar lebih dekat untuk mengetahui keinginan masyarakat, dengan dengar pendapat akan terjadi komunikasi yang efektif. Nantinya akan menjadi bahan penyampaian di parlemen,” akunya.

Menurutnya, seorang anggota dewan tidak hanya DPR, bahkan MPR berkewajiban menampung saran dan aspirasi dari masyarakat yang diwakilinya. Berbagai keinginan masyarakat akan ditampung dan menjadi bahan pembahasan di parlemen.

”Banyak hal yang disampaikan warga pangalengan, mulai dari pembangunan sarana kesehatan, pendidikan, tentang kesejahteraan dan banyak hal yang saya terima,” tutunya.

Dede sebagai Anggota MPR yang juga ketua Komisi IX DPR RI itu mengaku bersyukur dengan melaksanakan dengar pendapat yang selama ini rutin dilakukannya di semua wilayah daerah pemilihannya.

Memalui kegiatan tersebut, dirinya bisa menampung semua keinginan dan aspirasi masyarakat. Selain itu juga bisa mendengarkan pendapat mereka, untuk dijadikan bahan dalam melaksanakan tugas sebagai anggota DPR RI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan